Alkhoiri, Yasir and Hariandi, Ahmad and Budiono, Hendra (2021) Peran Guru dalam Mengatasi Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Kelas Rendah Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
SKRIPSI YASIR ALKHOIRI benar.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
COVER 2.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) |
Abstract
Alkhoiri. 2021. Peran Guru dalam Mengatasi Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Kelas Rendah Sekolah Dasar: Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag, Pembimbing (II) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Hambatan, Pembelajaran Jarak Jauh Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara guru dalam mengatasi hambatan pada pembelajaran jarak jauh di kelas rendah sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di kelas I, II, dan III di SD Negeri 55/I Sridadi Semester ganjil Tahun Ajaran 2020/2021 pada 27 November sampai 4 Januari 2020. Peneltian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data penelitian diperoleh melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul data dianalisis, secara kualitatif menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian dan pengambilan kesimpulan Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam mengatasi hambatan pembelajaran jarak jauh yaitu.1). peran guru sebagai pembimbing yang membimbing siswa dalam memahami materi pembelajaran dan mengatasi hambatan yang terjadi pada siswa 2). peran guru sebagai sumber belajar yang berguna untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran dan dapat menambah wawasan pengetahuan siswa, berasal dari guru itu sendiri sebagai sumber belajar dan sumber lainnya berupa buku paket siswa, dan media pendukung lainnya. 3). peran guru sebagai fasilitator yang memfasilitasi siswa dengan menggunakan metode yang sesuai dengan keadaan serta karakteristik siswa dan media yang dapat mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran. 4). peran guru sebagai motivator diperlukan, guna menumbuhkan kembali semangat dalam diri siswa merasa jenuh dalam mengikuti pembelajaran dan siswa yang lainnnya. 5). peran guru sebagai pengajar adalah menekankan kepada tugas dalam merencanakan dan melaksanakan pengajaran. 6). peran guru sebagai evaluator adalah untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa mengenai materi pembelajaran yang telah dilaksanakan dan sebagai bahan koreksi guru mengenai kendala atau kesulitan siswa dalam mengikuti pembelajaran yang telah berlangsung
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | ALKHOIRI |
Date Deposited: | 19 Jan 2021 03:18 |
Last Modified: | 19 Jan 2021 03:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15963 |
Available Versions of this Item
-
Peran Guru dalam Mengatasi Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Kelas Rendah Sekolah Dasar. (deposited 19 Jan 2021 03:43)
- Peran Guru dalam Mengatasi Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Kelas Rendah Sekolah Dasar. (deposited 19 Jan 2021 03:18) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |