PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PEMBUATAN BAKSO KERANG AIR TAWAR (Pilsbryoconcha expressa) BERBASIS NILAI-NILAI ENTREPRENEURSHIP UNTUK SISWA SMA

Puji Saputri, Rani (2021) PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PEMBUATAN BAKSO KERANG AIR TAWAR (Pilsbryoconcha expressa) BERBASIS NILAI-NILAI ENTREPRENEURSHIP UNTUK SISWA SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (742kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (289kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
COVER,PERNYATAAN,ABSTRAK,KATA PENGANTAR,DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL,DAFTAR LAMPRAN(1).pdf

Download (694kB)
[img] Text
ARTIKEL RANI PUJI SAPUTRI.pdf

Download (755kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video tutorial pembuatan bakso kerang air tawar (P.expressa) berbasis entrepreneurship untuk siswa SMA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu Define (pendefenisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Tim validator terdiri atas ahli media dan ahli materi. Subjek ujicoba dari penelitian ini adalah guru bidang studi biologi dan siswa kelas XI MIA SMAN 11 Kota Jambi dengan jumlah siswa yaitu 28 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan skor yang diperoleh melalui angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai entrepreneurship yang diintegrasikan ke dalam video tutorial adalah inovasi dan kreativitas, percaya diri, komitmen, dan kerja keras. Pengembangan video tutorial berbasis entrepreneurship melalui proses validasi ahli materi dan ahli media. Validasi ahli materi dilakukan sebanyak 2 kali dengan memperoleh persentase akhir 85% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Selanjutnya, penilaian ahli media memperoleh persentase 90% yang masuk kedalam kategori “sangat baik”. Hasil ujicoba guru bidang studi biologi pada aspek materi memperoleh presentase 87,5%, aspek tampilan video yaitu 87,5%, dan aspek manfaat yaitu 95% yang sama-sama termasuk kedalam kategori “sangat baik”. Selanjutnya persepsi siswa terhadap video tutorial secara umum juga sudah sangat baik. Dimana persentase yang diperoleh pada aspek tampilan video tutorial yaitu 87,4%, aspek isi video tutorial yaitu 91,4%, dan aspek manfaat sebesar 91,7% yang sama-sama termasuk ke dalam kategori “sangat baik”. Dengan demikian, video tutorial pembuatan bakso kerang air tawar (P.expressa) berbasis nilai-nilai entrepreneurship dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran materi animalia sub materi peranan moluska dalam kehidupan. Disarankan untuk peneliti selanjutnya untuk dapat mengembangkan video tutorial dengan materi lain yang dapat menumbuhkan nilai-nilai entrepreneurship pada diri siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: RANI PUJI SAPUTRI
Date Deposited: 19 Jan 2021 07:58
Last Modified: 19 Jan 2021 07:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15989

Actions (login required)

View Item View Item