Yulistina, Tasya and Arsil, Arsil and Rimba, Agung (2021) Strategi Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Luar Jaringan masa Pandemi Covid-19 di Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI TASYA YULISTINA A1D117115.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
pengesahan.pdf Download (259kB) |
Abstract
ABSTRAK Yulistina, Tasya. 2020. Strategi Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Luar Jaringan Masa Pandemi Covid-19 di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (I) Drs. Arsil, M.Pd. Pembimbing (II) Agung Rimba Kurniawan, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci : Strategi Guru, Pembelajaran Luar Jaringan, Pandemi Covid-19 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Alasan penerapan pembelajaran luar jaringan di kelas V SD Negeri 164/1 Sridadi pada masa pandemi Covid-19. (2) Strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran luar jaringan di kelas V SD Negeri 164/1 Sridadi pada masa pandemi Covid-19. (3) Hambatan apa saja yang terjadi pada pembelajaran luar jaringan di kelas V SD Negeri 164/1 Sridadi pada masa pandemi Covid -19. (4) Solusi untuk mengatasi hambatan yang terjadi dalam melaksanakan pembelajaran luar jaringan di kelas V SD Negeri 164/1 Sridadi pada masa pandemi Covid -19. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 164/1 Sridadi pada Oktober-November 2020. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data dalam penelitian penelitian ini berupa deskripsi tentang alasan penerapan pembelajaran luar jaringan, strategi guru dalam menerapkan pembelajaran luar jaringan, hambatan dan solusi dalam mengatasi pembelajaran luar jaringan masa pandemi Covid-19 yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru kelas V , orang tua peserta didik, dan peserta didik kelas V. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudia dilakukan analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Alasan penerapan pembelajaran luar jaringan masa pandemi covid-19 di kelas V adalah sulitnya jaringan internet, dan terdapat peserta didik yang tidak memiliki smartphone untuk menunjang proses pembelajaran daring. (2) Strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran luar jaringan masa pandemi covid-19 di kelas V Negeri 164/1 Sridadi yaitu pemberian pengarahan kepada wali murid, pengaturan jadwal pembelajaran, pemberian penjelasan tentang materi, penggunaan LKPD. (3) Terdapat beberapa hambatan/kendala dalam melaksanakan pembelajaran luar jaringan akan tetapi hambatan/kendala tersebut dapat dicari solusi yang terbaik dari kepala sekolah, wali kelas, maupun orarng tua peserta didik dalam proses pembelajaran. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran luar jaringan di kelas V dapat dilihat melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian dengan cara pemberian pengarahan kepada wali murid, pengaturan jadwal pembelajaran, pemberian penjelasan tentang materi, penggunaan LKPD.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | TASYA YULISTINA |
Date Deposited: | 20 Jan 2021 07:53 |
Last Modified: | 20 Jan 2021 07:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16050 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |