RAHAYU, PUTRI BEKTI WIDIA and yantoro, yantoro and Kurniawan, Agung Rimba S.Pd, M.Pd (2021) STRATEGI GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN AKTIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR KELAS IV B MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL PUTRI BEKTI WIDIA RAHAYU.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKANN.pdf Download (224kB) |
Abstract
ABSTRAK Rahayu, Bekti Widia Putri. 2020. Strategi Guru Menerapkan Pembelajaran Aktif pada Pembelajaran Matematika Masa Pandemi Covid-19: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Agung Rimba Kurniawan, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru, Pembelajaran Aktif, Pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menerapkan pembelajaran aktif pada pembelajaran matematika di sekolah dasar kelas IV B masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 55/I Sridadi pada bulan November 2020. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini adalah guru kelas IV B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan strategi dalam menerapkan pembelajaran aktif pada pembelajaran matematika di sekolah dasar kelas IV B masa pandemi covid-19. Guru menggunakan beberapa metode yang disesuiakan dengan karakteristik peserta didik dan materi yang akan diajarkan, serta melihat keadaan pandemi covid-19 saat ini. Strategi guru dalam menerapkan pembelajaran aktif pada pembelajaran matematika yaitu dengan melakukan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan pembelajaran yaitu dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dan memilih metode yang dapat digunakan, metode yang diterapkan adalah metode diskusi kelompok, team quiz dan presentasi. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini strategi guru dalam menerapkan pembelajaran aktif pada pembelajaran matematika masa pandemi covid-19 dengan adanya melakukan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran serta memilih metode yang akan digunakan pada pembelajaran seperti metode diskusi kelompok, presentasi dan metode team quiz.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Putri Bekti Widia Rahayu |
Date Deposited: | 21 Jan 2021 01:39 |
Last Modified: | 21 Jan 2021 01:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16062 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |