Saputri, Andista Ela and Huda, Nizlel and Iriani, Dewi (2021) Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Berdasarkan Proses Asimilasi dan Akomodasi di SMP Negeri 6 Kabupaten Tebo. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi_Andista Ela Saputri_A1C216005.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN SAMPUL DAN JUDUL.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
Lembar Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf Download (434kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (98kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematika siswa yang rendah. Pemahaman konsep tidak lepas dari kegiatan berpikir untuk menemukan solusi dari masalah yang sedang dihadapi. Untuk menyelesaikan masalah dibutuhkan proses yaitu asimilasi dan akomodasi. Asimilasi adalah proses memahami suatu peristiwa sesuai dengan informasi yang sudah ada. Sedangkan akomodasi adalah proses perubahan skema yang sudah ada berdasarkan informasi baru atau pengalaman baru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pemahaman konsep siswa berdasarkan proses asimilasi dan akomodasi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Insturmen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang dikerjakan dengan think aloud dan lembar wawancara. Tes pemahaman konsep matematika siswa diberikan kepada 10 calon subjek. Lalu jawaban siswa dikelompokkan menjadi 3 kelompok dengan cara pengerjaan yang sama yaitu kelompok pertama dengan cara menggambar terlebih dahulu, kelompok kedua menulis diketahui terlebih dahulu kemudian menggambar, kelompok ketiga tidak menggambar. Dari masing-masing kelompok dipilih satu sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa satu subjek memenuhi semua indikator pemahaman konsep matematika. Dua subjek belum memenuhi indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah. Setiap subjek membutuhkan suatu proses untuk dapat memodifikasi skema atau mengubah skema. Hal ini menunjukkan adanya asimilasi dan akomodasi dari masing-masing subjek tersebut.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ANDISTA ELA SAPUTRI |
Date Deposited: | 10 Feb 2021 02:57 |
Last Modified: | 10 Feb 2021 02:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16294 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |