IDENTIFIKASI KEPEDULIAN SOSIAL DALAM PERILAKU SALING MENOLONG ANTAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI

rizkiyah, lailatul (2021) IDENTIFIKASI KEPEDULIAN SOSIAL DALAM PERILAKU SALING MENOLONG ANTAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (140kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (264kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)

Abstract

Zuchdi (2011:170) Menjelaskan bahwa, peduli sosial merupakan sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.Berbicara masalah kepedulian sosial maka tak lepas dari kesadaran sosial. Pada saat jam istirahat bahwasanya disekolah tersebut ada siswa yang kepeduliannya terhadap temannya masih ada siswa yang tidak mau membantu temannya ketika temannya meminta bantuan untuk menemaninya pergi ke perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan kepedulian sosial dalam perilaku saling menolong kasih sayang antar siswa (2) Mendskripsikan kepedulian sosial dalam perilaku saling menolong tanggung jawab antar siswa (3) Mendskripsikan kepedulian sosial dalam perilaku saling menolong keserasian hidup antar siswa. Penelitian ini hanya dilakukan kepada siswa kelas VIII, berdasarkan dalam buku Zubaedi (2006:13) yang berjudul pendidikan berbasis masyarakat, bentuk-bentuk kepedulian sosial terdiri dari 3 bentuk diantaranya: kasih sayang, tanggung jawab, keserasian hidup. Ahmadi (2001:265) mengungkapkan ada dua factor yang mempengaruhi kepedulian sosial yaitu faktor internal yang terdapat dari dalam pribadi itu sendiri dan faktor eksternal yang terdapat dari luar pribadi itu sendiri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket yang disebarkan kepada 163 sampel. Hasil pengolahan data menggunakan rumus persentase menunjukkan bahwa sebagian besar tingkat kepedulian siswa berada pada klasifikasi sedang dengan persentase 46,62%. Saran peneliti yaitu hendaknya meningkatkan kembali kepedulian terhadap sesama teman seperti saling menghargai dan menolong atas kehendak di sendiri tanpa mengharapkan imbalan. Implikasi penelitian terhadap program Bimbingan dan Konseling yaitu dapat melanjutkan penelitian ini dalam upaya pengembangan dan pengkajian masalah yang lebih komperehensif. Keywords: Kepedulian Sosial, Perilaku Saling Menolong

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: LAILATUL RIZKIYAH
Date Deposited: 18 Feb 2021 07:08
Last Modified: 18 Feb 2021 07:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16410

Actions (login required)

View Item View Item