ANALISIS KEMAMPUAN PENGENALAN HURUF ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI TK RIZANI PUTRA KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA

ARSIANA, RIMA (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PENGENALAN HURUF ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI TK RIZANI PUTRA KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (110kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)

Abstract

ABSTRAK Arsiana, Rima. 2020. Analisis Kemampuan Pengenalan Huruf Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Selama Pandemi Covid-19 di TK Rizani Putra Kecamatan Jambi Luar Kota. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si., Psi (II) Dra. Irma Suryani, M.Pd Anak usia dini dikatakan dapat mengenal huruf dengan baik apabila anak telah mampu menunjukan lambang huruf dilingkungan sekitar, anak mampu menghubungkan gambar atau benda dengan lambang huruf yang sesuai, serta membaca dengan gambar yang memiliki kalimat sederhana. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini adalah melalui kegiatan bermain. Metode bermain merupakan proses mencapai tujuan kegiatan dalam melatih kemampuan bahasanya dengan cara mendengarkan beraneka bunyi, mengucapkan suku kata atau kata, memperluas kosakata, berbicara sesuai dengan tata bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pengenalan huruf anak usia dini melalui kegiatan bermain selama pandemi Covid-19 di Kelompok B TK Rizani Putra. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh orang tua anak di TK Rizani Putra. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sehingga ada 9 orangtua anak. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata bobot dari hasil pengisian angket mengenai analisis kemampuan pengenalan huruf anak usia dini melalui kegiatan bermain selama pandemi Covid-19 di Kelompok B TK Rizani Putra sebesar 57,41 dan berada pada kategori “sedang”. Rata-rata indikator kemampuan anak menyebutkan huruf anak kelas B TK Rizani Putra sebesar 64,81 dan berada di kategori “baik”, rata-rata kemampuan anak menunjuk huruf sebesar 59,26. Dan berada di kategori “sedang” serta rata-rata kemampuan anak menggabungkan gambar dengan huruf sebesar 48,15 dan berada pada kategori “sedang” Berdasarkan hasil penelitian mengenai analisis kemampuan pengenalan huruf anak usia dini melalui kegiatan bermain selama pandemi Covid-19 di Kelompok B TK Rizani Putra dapat disimpulkan bahwa kemampuan anak mengenal huruf di TK tersebut berada pada kategori sedang. Kata Kunci: Kemampuan pengenalan huruf dan kegiatan bermain

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing (I) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si., Psi (II) Dra. Irma Suryani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pengenalan huruf dan kegiatan bermain
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Rima Arsiana
Date Deposited: 04 Mar 2021 06:37
Last Modified: 04 Mar 2021 06:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16626

Actions (login required)

View Item View Item