Sari, Chintya Zulian (2021) Pengaruh Metode Pembelajaran Make A Match Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Kembar Lestari Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (108kB) |
Abstract
ABSTRAK Sari, Chintya Zulian. 2021. “Pengaruh Metode Pembelajaran Make A Match Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Kembar Lestari Kota Jambi”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar FKIP Universitas Jambi. Pembimbing 1) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si, Pembimbing 2) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd Kata Kunci: Metode Pembelajaran Make A Match, Kemampuan Berpikir Logis Pada salah satu lembaga pendidikan anak usia dini yaitu di TK Kembar Lestari Kota Jambi, berdasarkan hasil pengamatan peneliti pada tanggal 15 Februari 2020 pada saat peneliti melakukan pengamatan pada kegiatan belajar mengajar di kelas A di TK Kembar Lestari Kota Jambi dan saat anak di perintahkan guru untuk menjelaskan fungsi benda, dan warna benda yang di berikan guru, dari 17 anak peneliti menemukan 10 yaitu AD, AL, BC, EF, GA, HU, HAI, IW, JU, KU. Metode pembelajaran make a match pada penelitian ini menurut pendapat Fathurohman, (2015:87), sedangkan kemampuan berpikir logis pada penelitian ini menurut pendapat (Desmita, 2014). Rumusan masalah penelitian ini yaitu Apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran make a match terhadap kemampuan berpikir logis pada anak usia 4-5 tahun di TK Kembar Lestari Kota Jambi?, Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran make a match terhadap kemampuan berpikir logis pada anak usia 4-5 tahun di TK Kembar Lestari Kota Jambi, Hipotesis penelitian ini terdapat Pengaruh metode pembelajaran make a match terhadap kemampuan berpikir logis pada anak usia 4-5 tahun di TK Kembar Lestari Kota Jambi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan One Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak TK Kembar Lestari Kota Jambi pada kelas A berjumlah 17 anak. Sampel penelitian ini 17 anak mengunakan teknik total sampling. Variabel bebas penelitian ini adalah metode pembelajaran make a match, variabel terikat adalah kemampuan berpikir logis. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket skala Likert. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan data L hitung untuk data tes awal dan tes akhir secara berurutan 0.1279 < L Tabel 0,2148; 0.1090 < L Tabel 0,2148. Pada taraf signifikansi α = 0,05 maka diperoleh F tabel = 3,63. Maka Fhitung (1,07) < Ftabel (3,63) maka varian homogen . peroleh t hitung 4,84 harga ini kemudian dibandingkan dengan t tabel (0,05) dengan df = n-1 = 16, diperoleh t tabel 1,7459. Dengan demikian t hitung (4,84 > tabel ( 1,7459). Kesimpulan penelitian ini terdapat Pengaruh metode pembelajaran make a match terhadap kemampuan berpikir logis pada anak usia 4-5 tahun Di TK Kembar Lestari Kota Jambi, dengan interprestasi kuat (Strong effect) dengan nilai 1.53 yang berada pada (> 1.00).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | CHINTYA ZULIAN SARI |
Date Deposited: | 05 Mar 2021 03:22 |
Last Modified: | 05 Mar 2021 03:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16645 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |