Imenda, Lusiana (2021) STRATEGI GURU MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI LUSIANA IMENDA (A1D117015) PGSD_FKIP_UNJA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVERR.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
persetujuan.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
pengesahan.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (378kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) |
Abstract
ABSTRAK Imenda, Lusiana. 2021 Strategi Guru Memotivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd, (II) Suci Hayati, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi yang diterapkan guru dalam memotivasi belajar siswa pada pembelajaran daring di Kelas VG SD Negeri 47\IV Kota Jambi. Jenis penelitian ini kualitatif dalam bentuk deskriptif dengan pendekatan penelitian fenomenologi menggunakan uji validitas data dengan metode triangulasi teknik. Subjek dalam penelitian ini ialah guru kelas VG, teknik analisis data yang digunakan ialah model interaktif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa wali kelas V G menerapkan strategi dalam memotivasi belajar siswa yang terdiri atas beberapa rangkaian dalam pembelajaran yaitu: (1) Tahap perencanaan guru telah mempersiapkan segala sesuatunya yang diperlukan dalam pembelajaran secara terorganisir, mulai dari RPP, seluruh perangkat pembelajaran, Absen siswa, catatan nilai dan skor siswa, dan yang menjadi pendukung utama ialah media pembelajaran visual dan audio visual. (2) Tahap pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan guru lebih kepada metode variasi dan percobaan yang mampu memancing semangat belajar dan rasa penasaran siswa. Kemudian menggunakan media pembelajaran sebagai pendukung utama dalam memotivasi belajar siswa. Guru juga menggunakan ice breaking untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan juga melakukan pendekatan kepada siswa. (3) Tahap evaluasi yang diterapkan guru dengan memberikan apresiasi, reward, dan pujian. Guru juga mengembalikan tugas yang telah dikerjakan siswa sebagai bentuk umpan balik dari usaha yang dikerjakan siswa, seperti pemberian nilai secara angka maupun deskripsi, tujuannya untuk memotivasi siswa dalam belajar karena siswa bisa mengetahui sampai dimana kemampuannya dan memicu siswa untuk lebih giat lagi dalam belajar. Guru juga mempersiapkan soal-soal dengan tingkat kesulitan yang bervariasi, kemudian hasil perolehan nilai siswa nanti akan diuji guru benarkah hasil kerja siswa sendiri atau tidak dengan menanyakan kembali pemahaman siswa tentang materi sebelumnya pada kegiatan selanjutnya. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa guru kelas VG SD Negeri 47/IV Kota Jambi telah melaksanakan strategi pembelajaran yang memotivasi belajar siswa dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahapan strategi tersebut mampu memotivasi belajar siswa, dilihat dari beberapa aspek yang ditinjau dalam memotivasi belajar siswa yaitu, sikap dalam belajar, kegigihan belajar, rasa ingin tahu, kemandirian, dan kosistensi dalam belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | LUSIANA IMENDA |
Date Deposited: | 15 Mar 2021 04:15 |
Last Modified: | 15 Mar 2021 04:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16813 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |