Pranata, Igo (2021) Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Peserta Didik dalam Memahami Pembelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan di Kelas IV Pada Masa Pandemi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI IGO PRANATA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
Abstract
ABSTRAK Pranata, Igo. 2021. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Peserta Didik dalam Memahami Pembelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan di Kelas IV Pada Masa Pandemi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kesulitan, Matematika, Operasi Hitung Pecahan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan peserta didik dalam memahami pembelajaran matematika materi operasi hitung pecahan pada masa pandemi di kelas IV Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan di SDN 34/I Teratai pada Januari 2021. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan tes dan wawancara kepada peserta didik kelas IV B yang berjumlah 23 orang (sebagai data utama) dan wawancara guru dan orang tua peserta didik (sebagai data penunjang). Setelah hasil tes dikembalikan, data dianalisis untuk mengetahui peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 13 orang peserta didik yang mengumpulkan hasil tes dari jumlah siswa kelas IV B yaitu 23 orang. Dari hasil tes tersebut terdapat 5 orang peserta didik yang tidak mampu menjawab soal yang diberikan dengan benar. Penilaian hasil tes ditentukan berdasarkan pedoman penskoran. Faktor penyebab peserta didik yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran yaitu Faktor internal yaitu kurangnya minat belajar peserta didik selama masa pandemi dan kesulitan peserta didik dalam menghapal dan menggunakan rumus-rumus matematika. Faktor eksternal yaitu pelaksanaan pembelajaran secara daring yang belum mampu diikuti dengan baik oleh peserta didik, lingkungan sekitar yang mempengaruhi peserta didik dalam mengerjakan tugas yang diberikan, dan keluarga terutama orang tua yang belum mampu menjadi fasilitator peserta didik selama pembelajaran daring. Dari hasil penelitian ini disarankan agar peserta didik lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran daring, untuk guru disarankan lebih memperhatikan peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, untuk orang tua untuk memperhatikan peserta didik selama pembelajaran daring.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Igo Pranata |
Date Deposited: | 17 Mar 2021 03:14 |
Last Modified: | 17 Mar 2021 03:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17901 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |