Analisis kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent ( FD) dalam menyelesaikan soal pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Jambi

Novianti, Ayu (2021) Analisis kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent ( FD) dalam menyelesaikan soal pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Jambi. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
1. GABUNG COVER.pdf

Download (199kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (529kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI- DAFTAR LAMPIRAN E-SKRIPSI.pdf

Download (322kB)
[img] Text
4. REVISI BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (414kB)
[img] Text
8. REVISI BAB V KESIMPULAN - Copy.pdf

Download (191kB)
[img] Text
9. REVISI DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (409kB)

Abstract

ABSTRAK Novianti, Ayu. 2021. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent ( FI ) dan Field Dependent ( FD ) dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Persamaan Garis Lurus di Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Mujahidawati, M.Si. (II) Drs. Gugun M. Simatupang, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan koneksi matematis, Gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD), persamaan garis lurus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan koneksi matematis siswa yang ditinjau dari gaya kognitif Field Independent ( FI ) dan Field Dependent ( FD ) dalam menyelesaikan soal pada materi persamaan garis lurus. Penelitian ini dilakukan dikelas VIII-A SMP Negeri 5 Kota Jambi semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 3 siswa FI dan 3 siswa FD yang dipilih dengan memberikan tes GEFT serta saran dan pertimbangan guru dan kecocokan dari hasil tes pengumpulan data. Instrumen penelitian data dalam penelitian ini yaitu lembar soal tes koneksi matematis, serta pedoman wawancara. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa dengan gaya kognitif Field Independent, satu subjek yang memenuhi ke tiga indikator kemampuan koneksi matematis pada dua soal persamaan garis lurus yang diberikan. Pada indikator pertama yaitu kemampuan mengenali dan menggunakan koneksi diantara ide-ide matematika terpenuhi oleh semua subjek. Pada indikator kedua yaitu kemampuan memahami bagaimana ide-ide dalam matematika saling berhubungan dan mendasari satu sama lain untuk menghasilkan suatu keutuhan koheren dapat dipenuhi oleh semua subjek, indikator ketiga yaitu mengenali dan menerapkan matematika dalam kehidupan sehari – hari dipenuhi oleh 2 subjek yaitu SFI.01, SFI.03. 2) Siswa dengan gaya kognitif Field Dependent belum memenuhi ke tiga indikator kemampuan koneksi matematis pada dua soal persamaan garis lurus yang diberikan. Pada indikator pertama yaitu kemampuan mengenali dan menggunakan koneksi diantara ide-ide matematika dipenuhi oleh 2 subjek yaitu SFD.01 dan SFD.02, indikator kedua yaitu memahami bagaimana ide-ide dalam matematika saling berhubungan dan mendasari satu sama lain untuk menghasilkan suatu keutuhan koheren belum dipenuhi oleh semua subjek. Pada indikator ketiga yaitu mengenali dan menerapkan matematika dalam kehidupan sehari – hari juga belum dipenuhi oleh semua subjek. Dengan demikian, guru perlu melatih siswa dengan membiasakan siswa menyelesaikan soal-soal kemampuan koneksi matematis untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ayu Novianti
Date Deposited: 17 Mar 2021 04:18
Last Modified: 17 Mar 2021 04:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/17930

Actions (login required)

View Item View Item