STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Nasrullah, Putra (2021) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas negeri Jambi.

[img] Text
Putra_Amanat_Nasrullah_Skripsi REVISI 07.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.docx

Download (57kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN PUTRA.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang strategi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik melalui pembelajaran secara daring pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri 197/IX Pematang Gajah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November sampai Desember 2020 di SD Negeri 197/IX Pematang Gajah. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai strategi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didik melalui pembelajaran secara daring. Adapun subjek penelitian ini adalah Guru kelas tinggi yaitu wali kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi pembelajaran yang efektif dalam penerapan pembelajaran yaitu strategi pengorganisasian, strategi penyampaian serta strategi pengelolaan pembelajaran. strategi pengorganisasian seperti pembagian materi yang akan diajarkan, baik menyiapkan RPP dan LKPD. Selanjutnya Strategi penyampaian pembelajaran seperti penggunaan variasi dalam pembelajaran yaitu penggunaan metode ceramah dengan model ingkuiri. Kemudian strategi pengelolaan pembelajaran yaitu melalui data dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi-strategi tersebut sangat cocok diterapkan dalam masa pandemi seperti sekarang ini. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwasanya setiap guru harus memiliki kualitas dalam merencanakan disetiap pembelajaran, seperti halnya membuat RPP, silabus ataupun LKPD yang dapat menumbuhkan semangat motivasi dari seluruh peserta didik dan tercapainya tujuan pembelajaran. disamping itu juga guru sebagai pemegang peranan penting dalam kegiatan pembelajaran harus ekstra memvariasikan penggunaan strategi pembelajaran yang tepat seperti strategi pengorganisasian, strategi penyampaian serta strategi pengelolaan pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: PUTRA AMANAT NASRULLAH
Date Deposited: 19 Mar 2021 08:01
Last Modified: 19 Mar 2021 08:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18377

Actions (login required)

View Item View Item