IMPLEMENTASI KEGIATAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN AKTIF MIKiR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR

Priadi, Teguh and maryono, maryono and Budiono, Hendra (2021) IMPLEMENTASI KEGIATAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN AKTIF MIKiR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (194kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (202kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (247kB)

Abstract

ABSTRAK Teguh, Priadi. 2020, “Implementasi kegiatan Komunikasi pada Pembelajaran Aktif MIKiR pada masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekoah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Drs. Maryono, M.Pd.,(II) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: komunikasi, pembelajaran aktif mikir, pandemi covid-19 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan komunikasi pada pembelajaran Aktif MIKiR pada masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 131/IVKota Jambi pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Sumber data diperoleh dari wali kelas VA sebagai data utama serta peserta didik sebagai data pendukung. Penelitian ini mendeskripsikan segala bentuk tindakan yang dilakukan oleh informan yang diteliti, dengan melakukan pengamatan secara langsung dilapangan dan wawancara serta dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dengan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan kegiatan komunikasi pada pembelajaran Aktif MIKiR pada masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar. Adapun bentuk kegiatan komunikasinya yaitu: 1). Komunikasi secara lisan berupa mendemostrasikan, menjelaskan, bercerita, mengemukakan pendapat dan berbicara , 2). Komunikasi secara tertulis berupa menyatakan hasil dalam bentuk tertulis dan menyatakan hasil menggunakan gambar dan bagan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah disarankan kepada guru agar selalu melaksanakan proses pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 dalam kegiatan komunikasi. Proses pembelajaran yang mengarah pada kegiatan komunikasi dilaksanakan melalui aplikasi Zoom. Selain itu guru menggunakan strategi dalam mengembangkan kegiatan komunikasi siswa adalah meminta siswa untuk menjelaskan materi pelajaran, bercerita tentang pengalaman yang mengarah pada materi, mengemukakan pendapat, dan berbicara. Dalam proses pembelajaran guru harus memberikan motivasi agar dapat menambah keaktifan peserta didik pada pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: TEGUH PRIADI
Date Deposited: 24 Mar 2021 05:06
Last Modified: 24 Mar 2021 05:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18604

Actions (login required)

View Item View Item