Pengembangan LKPD Berbasis CORE Untuk Mendukung Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus Di Kelas VIII SMP Negeri 5 Muaro Jambi

Zuhdi, Hilda Nely (2021) Pengembangan LKPD Berbasis CORE Untuk Mendukung Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus Di Kelas VIII SMP Negeri 5 Muaro Jambi. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (286kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (526kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (42kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Skripsi Hilda Nely Zuhdi_A1C217009 Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Kata Kunci: LKPD Berbasis CORE, CORE, Kemampuan Penalaran Matematis, Persamaan Garis Lurus Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu tujuan dari mata pelajaran matematika. Diperlukan pengembangan LKPD yang mampu mendukung kemampuan penalaran matematis siswa dengan suatu basis yaitu CORE yang merupakan model pembelajaran yang mencakup empat proses yaitu Connecting, Organizing, Reflecting and Extending. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk LKPD berbasis CORE untuk mendukung kemampuan penalaran matematis siswa dikelas VIII SMP Negeri 5 Muaro Jambi, (2) Mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan LKPD berbasis CORE untuk mendukung kemampuan penalaran matematis dikelas VIII SMP Negeri 5 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate) yang diadaptasi dari Branch (2009). Setiap tahapan memiliki prosedur masing-masing yang menjadi prosedur pengembangan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Muaro Jambi dengan subjek uji coba perorangan yaitu guru matematika dan subjek uji coba kelompok kecil yaitu siswa. Hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu (1) LKPD berbasis CORE untuk mendukung kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan model ADDIE dan (2) hasil persentase validasi desain dan materi berturut-turut 80% dan 80% dengan kriteria keduanya valid, hasil uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil diperoleh persentase berturut-turut 95,4% dan 92,9% dengan kriteria keduanya sangat praktis. Dengan demikian bahan ajar LKPD berbasis CORE untuk mendukung kemampuan penalaran matematis siswa dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: HILDA NELY ZUHDI
Date Deposited: 25 Mar 2021 01:43
Last Modified: 25 Mar 2021 01:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19143

Actions (login required)

View Item View Item