MUTIA, RESI (2021) ANALISIS PERENCANAAN GURU DAN PENGARUHNYA TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (78kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
Abstract
Resi Mutia. 2020. “Analisis perencanaan guru dan pengaruhnya terhadap efektifitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 5 Kota Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Rosmiati, M. Pd, Pembimbing II Fachruddin Muslim, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Rencanaan, Efektifitas, Pembelajaran Seorang guru ilmu pengetahuan sosial di SMP perlu meningkatkan kompetensi yang mereka miliki agar mereka dapat menjalakan tugas dengan baik. Mengingat latar pendidikan yang mereka miliki dirasa belum optimal. Guru ilmu pengetahuan sosial di SMP pada umumnya terdiri atas guru disiplin ilmu seperti guru sejarah, guru sosiolagi, guru ekonomi, dan guru geografi. Pembelajaran secara umum adalah sesuatu kegiatan yang dilakukan oleh guru terhadap siswa, sehingga siswa mengalami perubahan perilaku. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan guru dan pengaruhnya terhadap efektifitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian ini meruapakan penelitian deskriptif kuantitatif, yang mengukur perencanaan guru dan pengaruhnya terhadap efektifitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 5 Kota Jambi. Pada penelitian ini pengambilan sampel ditetapkan langsung yaitu guru matapelajaran IPS di SMP Negeri 5 Kota Jambi yang berjumlah 5 orang Dari hasil penelitian dapat diketahui Perencanaan guru memberikan pengaruh terhadap efektifitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 5 Kota Jambi. Untuk variable Perencanaan guru (X) sebesar 0,541 atau dapat dinyatakan sebagai persamaan linier Y = 0.541 (X). Pada tabel tersebut nilai t hitung sebesar 3.578 dibandingkan dengan t tabel dk= n-1 = 29 maka t tabel = 1.6991, dengan sig = 0,00 maka Ho ditolak, dengan kata lain analisis perencanaan guru berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran guru IPS. ini berarti H0 diterima. Besarnya pengaruh analisis perencanaan guru terhadap efektifitas pembelajaran guru IPS diketahui dari Standardized Coeffisien Beta sebesar 0,541. Ini berarti bahwa analisis perencanaan guru berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran guru IPS sebesar 54,1% dan 45,9% sisanya dijelaskan oleh faktor lain. Perencanaan guru memberikan pengaruh terhadap efektifitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 5 Kota Jambi, analisis perencanaan guru terhadap efektivitas pembelajaran guru IPS pada di SMP Negeri 5 Kota Jambi termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 83,48%.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | RESI MUTIA |
Date Deposited: | 18 Jun 2021 02:50 |
Last Modified: | 18 Jun 2021 02:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19172 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |