Malasari, Malasari and Destrinelli, Destrinelli and Pamela, Issaura Sherly (2021) Pemanfaatn Barang Bekas Untuk Menunjang Kreativitas Siswa Materi Keterampilan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI MALASARI_A1D117179.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN.pdf Download (353kB) |
Abstract
Studi ini mengaji tentang kreativitas dimana kreativitas sangat dibutuhkan oleh siswa saat ini akan memambantu mendorong siswa menjadi lebih kreatif dan berpikir luas, terutama menumbuhkan kreativitas dengan menggunakan bahan yang sederhana dan mudah ditemukan seperti barang bekas yang sudah tidak di pakai lagi namum memiliki manfaat. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui cara guru memanfatakan barang bekas untuk menujang kreativitas siswa pada materi keterampilan dimasa pandemi covid-19 ini. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 76/IX Mendalo Darat dimana penelitian ini data dikumpulkan dengan cara Pengamatan (Observation), Wawancara kepada guru wali kelas dan studi dokumentasi yang dilakukan dilingkungan sekolah selama studi dilakukan. Pengumpulan tersebut dilakukan agar tujuan penelitian ini dapat berjalan dengan baik. Maupun jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian lebih diarahkan untuk mengetahui, menjelaskan, dan memprediksikan fenomena-fenomena yang terjadi. Memanfaatkan barang bekas akan menjadi salah satu mengatasi permasalahan dalam meenggunakan media untuk mengasah kreativitas pada masa pandemi ini. Guru berperan penting menunjang kreativitas siswa selama pandemi dan ada stategi yang guru lakukan untuk menunjang kreativitas siwa dengan memanfatakan teknologi yang ada saat ini,seperti mempersiapkan bahan dan alat yang akan digunakan dalam membuat suatu karya. Barang bekas yang mudah ditemukan akan membantu mengurani sampah yang tidak terpakai lagi. Sampah kardus, koran,pelastik dan masih banyak lagi akan digunakan untuk mengembangkan kreativitas siswa dimasa pandemi. Dengan mempersiapkan segala sesuatu untuk membuat karya yang memanfaatkan barang bekas.Maka dari itu sebelum memulai pembelajaran maupun pelaksanaan pembelajaran yang akan berlangsung, adanya komunikasi yang baik dengan menggunakan aplikasi whatsapp. Karya-karya yang dibuat oleh siswa sudah menunjukan bahwa stategi yang digunakan guru berhasil untuk menunjang kreativitas siswa selama masa pandemi covid-19. Setiap anak yang memiliki potensi yang berbeda-beda namun dapat dirorong menjadi siswa yang kreatif dengan adanya bantuan dorongan orang tua dan guru. Adanya pemanfaatan barang bekas mampu menunjang kreativitas yang dimiliki siswa sehingaa mampu berfikir kreatif. Menjadi sosok guru yang mampu mengatasi semua permasalahan yang ada dimasa pandemi Covid-19 hal ini dapat dikatakan bahwa guru yang kreatif akan membuat siswa menjadi kreatif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | MALASARI |
Date Deposited: | 07 Apr 2021 01:53 |
Last Modified: | 07 Apr 2021 01:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19289 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |