PERMADI, MELANY FITRIANUR and YANTORO, YANTORO and HAYATI, SUCI (2021) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Cover Skripsi Melany Fitrianur Permadi.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (600kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (491kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (950kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (573kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf Download (452kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (615kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (478kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (670kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI Melany Fitrianur Permadi.pdf Download (4MB) |
Abstract
Permadi, Melany Fitrianur. 2021. Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci : Upaya Guru, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Matematika. Penelitian ini di latar belakangi bahwa pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi dilakukan secara daring yang menyebabkan terjadinya berbagai kesulitan belajar yang dialami siswa, untuk itu diperlukan upaya seorang guru dalam mengatasi kesulitan belajar tersebut. Rumusan masalah dalam peneitian ini ialah apa saja kesulitan belajar matematika siswa sekolah dasar di masa pandemi serta bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa sekolah dasar di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan belajar matematika siswa sekolah dasar di masa pandemi dan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa sekolah dasar di masa pandemi. Penelitian ini dilakukan di SDN 177/IX Tri Jaya pada Januari 2021. Data yang penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada Siswa Kelas V dan Guru Kelas V SDN 177/IX Tri Jaya. Hasil penelitian menunjukkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar matematika di masa pandemi dikarenakan pembelajaran dilakukan secara daring. Adapun kesulitan yang dialami siswa ialah kesulitan dalam memahami materi belajar, kesulitan dalam mengakses materi belajar dan juga kesulitan dalam pengumpulan tugas yang mengakibatkan keterlambatan dalam pengumpulan tugas siswa. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa yaitu dengan merancang pembelajaran yang tidak memberatkan siswa, menggunakan media yang berukuran kecil, mempersiapkan siswa sebelum belajar, memberikan contoh-contoh yag berkaitan dengan lingkungan sekitar, mengizinkan siswa melakukan personal chat untuk menanyakan materi, memberikan motivasi, menjalin komunikasi yang baik dengan siswa, tugas bisa di kumpulkan di sekolah pada hari senin, serta melakukan pembelajaran tatap muka sesekali agar memudahkan siswa dalam memahami materi dan siswa tidak merasa bosan karena pembelajaran yang dilakukan secara daring.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | MELANY FITRIANUR PERMADI |
Date Deposited: | 07 Apr 2021 03:49 |
Last Modified: | 07 Apr 2021 03:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19303 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |