Istiqomah, Lailatul and Arsil, Arsil and Sofwan, Muhammad (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Secara Online Pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 197/IX Pematang Gajah. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER PERNYATAAN.pdf Download (641kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (227kB) |
Abstract
Dalam kegiatan proses belajar disekolah untuk menyampaikan materi kepada siswa guru berperan penting untuk membimbing dan mengajarkan siswa. Pembelajaran matematika saat ini karena adanya covid 19 (Corona Virus Disease) maka pembelajaran sangat tidak efisien dan dan tidak dapat bertatap muka secara langsung antara guru, siswa dan teman-temannya. Oleh karna itu karena pandemi covid 19 ini siswa diminta belajar dirumah dengan menggunakan daring media sosial (online). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemudahan dan kendala pembelajaran online matematika kelas 5 SDN 197/IX Pematang Gajah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduction, display, dan conclusion. Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui observasi dan wawancara bahwa 1) Perencanaan Pembelajaran Matematika yaitu guru merancang dan menyusun RPP. Hal ini bertujuan untuk memudahkan guru mengontrol siswa pada setiap kegiatan pembelajaran, sehingga meminimalkan masalah kurang perhatian siswa terhadap pembelajaran yang sedang berlangsung, 2) Pelaksanaan pembelajaran Matematika dilakukan secara online antara guru dan siswa dengan menggunakan aplikasi whatsApps grup. Proses pembelajaran dimulai dengan guru mengirim tugas kepada siswa kemudian jawaban siswa dikirim melalui chat pribadi kepada guru dan diberi waktu batas pengumpulan jawaban. Kemudahan pembelajaran online antara lain bagi guru yaitu kegiatan belajar tidak terbatas jarak, waktu dan tempat, dalam proses belajar dapat didampingi oleh orang tua. Sedangkan kendala yang dialami guru dan siswa antara lain guru dalam mengevaluasi kegiatan belajar guru harus lebih fokus dan teliti, siswa atau orang tua tidak memiliki paket data internet, sulit memahami materi yang disampaikan guru lewat media online, jaringan internetnya yang terkadang tidak stabil, 3) Penilaian hasil pembelajaran Matematika tidak dilakukan dengan menggunakan tes lisan, namun dengan melihat beberapa aspek pembelajaran yang disesuaikan dengan pelaksanaan pembelajaran online
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | LAILATUL ISTIQOMAH |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 06:39 |
Last Modified: | 19 Apr 2021 06:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19431 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |