PROSES PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR

Oktaviani, Sengky (2021) PROSES PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
skripsi Sengky Oktaviani A1D117145 FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (194kB)
[img] Text
halaman persetujuan & pengesahan.pdf

Download (237kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (192kB)

Abstract

ABSTRAK Oktaviani, Sengky Proses Pembelajaran pada Masa Pendemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing : (1) Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag (2) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd Kata kunci : proses pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai proses pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar dan mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 02/III Sungai Tutung. Jenis penelitian yaitu peneitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Informan penelitiannya adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Data penelitian dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model yang dikembangkan oleh Miles and Huberman yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama masa pandemi Covid-19 proses pembelajaran dilakukan secara tatap muka tetapi tidak berjalan seperti biasanya. Guru tidak menggunakan RPP secara khusus dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka pada masa pandemic Covid-19. Waktu pelaksanaan pembelajaran tatap muka pada masa pandemic Covid-19 menjadi lebih singkat yaitu 1 jam pembelajaran 20 menit sedangkan pada kondisi normal 1 jam pembelajaran 35 menit. Dengan waktu yang berbeda tersebut tentunya pelaksanaan kegiatan-kegiatan pembelajaran akan menjadi berbeda. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru untuk dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin dalam menyampaikan materi pembelajaran, menggunakan media yang menarik perhatian peserta didik agar proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 ini dapat berjalan dengan lancar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Sengky Oktaviani
Date Deposited: 26 Apr 2021 03:26
Last Modified: 26 Apr 2021 03:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19605

Actions (login required)

View Item View Item