Sridayanti, Vinni (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)SECARA DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA SMA KELAS XI MIPA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Skripsi_A1C117030_Vinni Sridayanti.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
Cover, halaman judul.pdf Download (463kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (696kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (583kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (398kB) |
Abstract
Pendidikan dapat dikatakan berhasil apabila hasil belajar yang dicapai juga baik. Pembelajaran yang dilaksanakan secara daring menjadi salah satu faktor kesulitan siswa dalam memahami konsep kimia dengan baik, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) secara daring terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga SMA Kelas XI MIPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Instrumen penelitian berupa tes essay yang divalidasi dengan menggunakan prinsip validasi isi (content validity) dan validasi rekonstruksi. Hasil belajar siswa diukur dengan melakukan uji t berdasarkan data hasil tes essay. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan uji Liliefors diketahui bahwa data berdistribusi normal dengan Lhitung < Ltabel, serta pengolahan data dengan uji Fisher diketahui data homogen dengan Fhitung < Ftabel. Hasil uji t dengan taraf nyata α = 0,05 yang diperoleh dari data tes essay yaitu thitung = 2,4053 > ttabel = 2,0301. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model problem based learning secara daring terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga SMA Kelas XI MIPA. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Pembelajaran Daring, Hasil Belajar, Larutan Penyangga
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Vinni Sridayanti |
Date Deposited: | 27 Apr 2021 03:52 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 03:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19693 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |