Identifikasi Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statis Kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2020/2021

Pertiwi, Dian Ayu (2021) Identifikasi Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statis Kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2020/2021. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
skripsi dian ayu pertiwi (A1C316052).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
cover sd dftr lampiran repository.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (309kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (190kB)
[img] Text
daftar rujukan.pdf

Download (196kB)

Abstract

Pertiwi, Dian Ayu. 2021. Identifikasi Tingkat Kemampuan Berpikir Krtitis Siswa Pada Materi Fluida Statis Kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2020/2021: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. M. Hidayat, M.Pd., (II) Dian Pertiwi Rasmi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Identifikasi, Kemampuan Berpikir Kritis, Fluida Statis Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingat kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fluida statis kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Muaro jambi tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Muaro Jambi pada bulan Januari 2021. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan instrumen tes berupa soal esai secara online dengan aplikasi google form. Setelah soal diisi, data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fluida statis kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Muaro jambi tahun ajaran 2020/2021 berkategori sudah kritis. Untuk kemampuan berpikir kritis yang mencangkup lima indikator yaitu memberi penjelasan sederhana dengan persentase 46% berkategori kritis, membangun keterampilan dasar dengan persentase 46% berkategori kritis, menyimpulkan dengan persentase 45% berkategori tidak kritis, membuat penjelasan lebih lanjut dengan persentase 77% berkategori tidak kritis, serta strategi dan taktik dengan persentase 51% berkategori sangat kritis. Dari hasil penelitian ini disarankan bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian yang sejenis ataupun pengembangannya agar terciptanya siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang sangat baik agar proses pembelajaran terlaksana dengan baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: DIAN AYU PERTIWI
Date Deposited: 17 May 2021 03:03
Last Modified: 17 May 2021 03:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19794

Actions (login required)

View Item View Item