Waliyanti, Nopi (2021) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINKING) PADA MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS VI A SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER_NW[1].pdf Download (415kB) |
![]() |
Text
DAFTAR_ISI,_DAFTAR_GAMBAR,_TABEL,_LAMPIRAN_NW[1].pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
HALAMAN_PENGESAHAN[1].pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB_I_NW[1].pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
BAB_V_NW[1].pdf Download (189kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru dalam pelaksanaan pembelajaran meliputi metode pembelajaran, peran guru, aktivitas siswa, media pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis (Critical Thinking) pada masa pandemi covid-19 di kelas VI a Sekolah Dasar. Penelitian dilaksanakan di SDN 34/I Teratai pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh subjek yang diteliti. Data penelitian diperoleh melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas VI A SDN 34/I Teratai memiliki strategi guru dalam melaksanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19, strategi tersebut meliputi: 1) Metode guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis (Critical Thinking) pada masa pandemi covid-19. Guru menggunakan metode dalam proses pembelajaran yaitu metode pemecahan masalah. 2) , Peran guru dalam melaksanakan strategi dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis (Critical Thinking) pada masa pandemi covid-19, yaitu guru berperan sebagai fasilitator, moderator, motivator, dan evaluator walaupun pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh agar pembelajaran tetap efektiv. 3) Aktivitas belajar siswa dalam mengikuti proses penerapan strategi keterampilan berpikir kritis (Critical Thinking) pada masa pandemi covid-19, yaitu guru melihat aktivitas yang dilakukan oleh siswa dalam dalam kelompok kecil yang dilakukan pada setiap hari minggu yang dilaksanakan dirumah guru. Aktivitas yang dilakukan oleh siswa pada proses pembelajaran kelompok kecil siswa berantusias membaca materi bangun ruang, siswa antusias menggambar bangun ruang, siswa antusias mengerjakan soal mengenai bangun ruang, siswa mengoreksi hasil kerja temannya, siswa mampu berpikir kritis. 4) Media dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis (Critical Thinking) pada masa pandemi covid-19, yaitu guru menggunakan media pembelajaran berupa grup whatsApp, video pembelajaran dan membentuk kelompok kecil. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh bahwasannya guru menggunakan strategi dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis pada masa pandemi covid-19 sekolah dasar. Dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode pembelajaran, peran guru, aktivitas belajar siswa dan media pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Nopi Wijayanti |
Date Deposited: | 21 May 2021 06:42 |
Last Modified: | 21 May 2021 06:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19828 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |