Motivasi guru dalam memilih profesi guru honorer (Studi kasus di SMP Negeri Kota Jambi)

Aprillia, Restu (2021) Motivasi guru dalam memilih profesi guru honorer (Studi kasus di SMP Negeri Kota Jambi). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Skripsi Restu-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER dll restu.pdf

Download (348kB)
[img] Text
persetujuan scan pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
pengesahan scan .pdf

Download (3MB)
[img] Text
COVER dll restu.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB I restu.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB V restu.pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN restu.pdf

Download (407kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menjadi motivasi seseorang sehingga ingin berprofesi sebagai guru honorer di tingkat SMP Negeri Kota Jambi yaitu SMPN 15 Kota Jambi dan SMPN 16 Kota Jambi. Penelitian ini dilatar belakangi karena tertarikan peneliti terhadap apa yang menjadi motivasi guru honorer sehingga mereka banyak yang ingin berprofesi sebagai guru honorer. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah 3 orang guru honorer yang ada pada SMPN 15 Kota Jambi dan SMPN 16 Kota Jambi dari berbagai bidang studi diantaranya guru Prakarya, IPA, Bahasa Inggris, IPS, Penjas, dan Agama. Dalam penelitian ini menggunakan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan digunakan dalam teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) karena peran guru sangat begitu mulia, maka dari itu mereka tertarik untuk menjadi guru walaupun masih berstatus honorer, sejalan dengan studi yang mereka selesaikan dibangku kuliahnya, alasan selanjutnya adalah mereka ingin diangkat menjadi guru PNS maka dari itu tahapan yang pertama mereka harus menjadi guru honorer dahulu sampai tiba waktunya bisa diangkat menjadi guru PNS. (2) penghargaan yang diberikan sekolah kepada mereka salahsatu nya adalah diberinya kepercayaan dan ditugaskan untuk mengajar seperti guru PNS lainnya dengan jumlah jam yang hampir sama. Hal tersebut adalah suatu apresiasi yang mereka dapat dan mereka merasa senang menjalani tugas yang telah diberikan tersebut. (3) perlu adanya perbaikan gaji yang sesuai dengan tugas yang diberikan kepada mereka. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi guru honorer untuk terjun di dunia pendidikan sangat bervariasi, ada yang tertarik karena memang menyukai anak￾anak, sesuai jurusan disaat bangku kuliah dahulu, merasa dirinya mempunyai fashion untuk mengajar, dan kelak mereka berharap akan diangkat menjadi guru yang berstatus PNS. Untuk saran Pemerintah Kota Jambi dan Dinas Pendidikan Kota Jambi tentunya harus lebih memperhatikan kesejahteraan guru honorer agar bisa lebih baik lagi, dikarenakan tugas dan tanggungjawab mereka sangat besar dan sama dengan guru PNS lainnya, serta menunjang keberlangsungan hidup sehari-hari. Jikalau kesejahteraan guru honorer kurang maka bisa jadi fokus mereka untuk mengajar siswanya menjadi terbagi karena mereka mencari pekerjaan sampingan

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: RESTU APRILLIA
Date Deposited: 19 May 2021 06:38
Last Modified: 19 May 2021 06:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19864

Actions (login required)

View Item View Item