PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN FISIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL ALAT MUSIK TRADISIONAL JAMBI

Oksaputra, M. Fikri (2021) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN FISIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL ALAT MUSIK TRADISIONAL JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (6kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB 5 SKRIPSI.pdf

Download (187kB)

Abstract

Oksaputra, M. Fikri. 2021. Pengembangan Buku Pengayaan Fisika Berbasis Kearifan Lokal Alat Musik Tradisional Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jambi Pembimbing: (1) Dra. Jufrida, M.Si (II) Wawan Kurnawan, S.Si., M.Cs. Kata Kunci: Alat Musik Tradisional Jambi, Buku Pengayaan, Bunyi, Pengembangan Pada pembelajaran abad ke 21, peserta didik dituntut untuk memiliki keterampilan 4C (Critical, Creative, Colaboration and Communication). Untuk menumbuhkan keterampilan tersebut perlu diberikan stimulus yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran, misalnya memberikan peserta didik suatu permasalahan untuk dipecahkan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan lingkungan sekitar dalam proses pembelajaran. Provinsi Jambi memiliki banyak kebudayaan dan kearifan lokal yang dapat dikaitkan ke dalam proses pembelajaran, terkhusus dalam mata pelajaran fisika. Salah satu contohnya adalah alat musik tradisional Jambi. Musik adalah salah satu hal yang sangat disenangi oleh setiap kalangan. Namun, kebanyakan anak-anak zaman sekarang lebih menyukai jenis-jenis musik modern dibandingkan musik tradisional. Terlebih lagi dengan alat musik tradisionoal. Kebanyakan anak-anak tidak mengenal alat musik tradisional yang ada di daerahnya. Salah satu faktor dari permasalahan tersebut adalah kurangnya fasilitas berupa buku yang ada di dalam sekolah. Buku yang digunakan peserta didik hanya berupa buku yang diberikan oleh kementrian serta penerbit-penerbit lainnya. Padahal bahan ajar adalah salah satu penunjang keberhasilan peserta didik untuk menumbuhkan sikap 4C (Critical, Creative, Colaboration and Communication). Salah satu bahan ajar tersebut adalah bahan ajar tambahan berupa buku non teks yaitu buku pengayaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui persepsi peserta didik terhadap buku pengayaan fisika berbasis kearifan lokal alat musik tradisional Jambi. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE, namun peneliti membatasi sampai tahap Development. Buku yang telah dikembangkan dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi untuk mengetahui tingkat kelayakannya. Setelah tahapan validasi selesai, dilakukan uji kepraktisan kepada peserta didik untuk mengetahui tingkat kepraktisanya. Hasil pengembangan penelitian ini berupa buku pengayaan fisika berbasis kearifan lokal alat musik tradisioanl Jambi. Adapaun tingkat kelayakan dari produk yang dikembangkan mendapatkan hasil 93,33% dengan kategori sangat baik pada ahli media dan 93,33% dengan kategori sangat baik pada ahli materi. Sedangkan tingkat kepraktisan dari produk ini mendapatkan hasil 77,79% dengan kategori baik. Beradasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa produk buku pengayaan fisika berbasis kearifan lokal alat musik tradisional Jambi layak dan praktis untuk digunakan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: M. Fikri Oksaputra
Date Deposited: 20 May 2021 04:10
Last Modified: 20 May 2021 04:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19871

Actions (login required)

View Item View Item