PRAMAYSELLA, PANCA OKTA (2021) STRATEGI GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN HOME VISIT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI PANCA OKTA PRAMAYSELLA A1D117097 NEW-converted.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL-converted.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (22kB) |
Abstract
ABSTRAK Pramaysella, P. O. 2021. Strategi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Home Visit Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Andi Suhandi, S.Pd., M.Pd.I, (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : strategi pembelajaran, home visit, Covid-19 Home visit (kunjungan rumah) merupakan salah satu layanan pendukung dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru kelas dengan mengunjungi tempat tinggal siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menerapkan pembelajaran home visit pada masa pandemi covid-19 di kelas V A SD Negeri 55/I Sridadi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 55/I Sridadi pada bulan November-Desember 2020. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi tentang penerapan pembelajaran home visit yang diperoleh melalui metode wawancara dan observasi sebagai data utama dan dokumentasi sebagai data penunjang. Dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru kelas V A dan beberapa perwakilan orang tua serta siswa kelas V A. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran home visit pada masa pandemi covid-19 di kelas V A sudah terlaksana dengan dimulai dari perencanaan pembelajaran yang dirancang oleh guru seperti perangkat pembelajaran, mengatur lokasi pembelajaran, dan bahan ajar untuk pembelajaran home visit. Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan materi pembelajaran yang akan diajarkan. Penilaian pembelajaran home visit meliputi penialian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Adapun nilai positif dari penerapan pembelajaran home visit yaitu guru mampu menyelesaikan Kompetensi Dasar yang belum tersampaikan, dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa selama pandemi covid-19. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa dengan menerapkan pembelajaran home visit siswa dapat memperoleh pembelajaran dengan baik di masa pandemi meskipun tidak seoptimal pembelajaran di masa normal. Sehingga pembelajaran home visit ini dapat di katakan sebagai pembelajaran alternative pada masa pandemi covid-19.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | PANCA OKTA PRAMAYSELLA |
Date Deposited: | 21 May 2021 03:06 |
Last Modified: | 21 May 2021 03:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19884 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |