PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DARING PADA ERA COVID-19 BERBASIS SENTRA PERSIAPAN DI TK ABA IV KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2020/2021

Jamilah, Nur (2021) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DARING PADA ERA COVID-19 BERBASIS SENTRA PERSIAPAN DI TK ABA IV KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (101kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR IS1.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (314kB)
[img] Text
skripsi nur jamilah full_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemunculan Covid-19 mengubah sistem pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti, bahwa selama pembelajaran daring dibutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu anak belajar daring salah satunya dengan video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran daring berbasis sentra persiapan, mengetahui kelayakan dan mengetahui respon guru, orang tua, dan mahasiswa PGPAUD terhadap video pembelajaran daring berbasis sentra persiapan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dilakukan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development of Production, Implementation or Delivery, and Evaluation). Data penelitian diperoleh dari angket terbuka dan angket tertutup dengan cara menyebarkan angket kepada responden melalui google form. Responden sebanyak 60 orang terdiri dari guru, orang tua, dan mahasiswa. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media dan materi, video pembelajaran yang dikembangkan sudah layak untuk diujicobakan setelah melalui proses validasi ahli media sebanyak 2 kali. Hasil validasi I ahli media diperoleh persentase sebesar 92,5% sedangkan validasi II diperoleh persentase sebesar 97,5%. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 96,6% kategori “sangat baik”. Selanjutnya video pembelajaran diujicobakan kepada 11 orang responden guru dengan perolehan persentase sebesar 91,8% kategori “sangat baik”. Hasil angket respon orang tua siswa diperoleh persentase sebesar 92,9% kategori “sangat baik” dan angket respon 40 mahasiswa diperoleh persentase sebesar 90,3% kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan video pembelajaran daring pada era Covid-19 berbasis sentra persiapan di TK ABA IV Kota Jambi tahun ajaran 2020/2021 disimpulkan bahwa video pembelajaran layak digunakan dalam pembelajaran daring terutama pada darurat Covid-19 dan mendapat respon positif dari keseluruhan responden serta diperoleh hasil dengan kategori sangat baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: JAMILAH
Date Deposited: 28 May 2021 07:08
Last Modified: 28 May 2021 07:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19957

Actions (login required)

View Item View Item