Pertiwi, Yuli (2021) Analisis Pelaksanaan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Video Praktikum dan Korelasinya dengan Kompetensi Berpikir Kritis Siswa pada Materi Larutan Penyangga Di Kelas XI IPA SMAN 2 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan.pdf Download (368kB) |
![]() |
Text
10. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (89kB) |
Abstract
Salah satu keterampilan yang dituntut di abad 21 adalah berpikir kritis. Berpikir kritis adalah proses yang dilakukan dengan cara berpikir tentang ide atau gagasan yang berhubungan dengan konsep atau masalah yang ada. Berpikir kritis adalah sebuah keterampilan yang didapatkan melalui proses, bukan merupakan sifat yang diwariskan orang tua kepada anaknya untuk itu perlu adanya upaya untuk mengembangkan berpikir kritis. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan abad 21 salah satunya berpikir kritis siswa adalah model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan model Project Based Learning berbantuan video praktikum dan korelasinya dengan kompetensi berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI IPA SMAN 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif korelasional. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mixed Method (campuran) dengan jenis model Triangulasi Konkuren. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPA 1 SMAN 2 Kota Jambi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi pelaksanaan model Project Based Learning berbantuan video praktikum oleh guru dan siswa, lembar observasi kompetensi berpikir kritis aspek psikomotor serta soal tes esai untuk aspek kognitif. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Product Moment dan selanjutnya untuk melihat kuatnya korelasi dilakukan analisis koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa pelaksanaan model Project Based Learning berbantuan video praktikum oleh siswa sebesar 64,53% dengan kategori baik dan persentase kompetensi berpikir kritis aspek psikomotor sebesar 72,23% dengan kategori baik serta pada aspek kognitif sebesar 72,77% dengan kategori baik. Hubungan pelaksanaan model Project Based Learning berbantuan video praktikum dengan kompetensi berpikir kritis diperoleh rxy= 0,7699 dengan tingkat hubungan kuat. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai 59,27% dengan kategori sedang. Hal ini menandakan bahwa pembelajaran Project Based Learning berbantuan video praktikum hanya 59,27% mempengaruhi kompetensi berpikir kritis siswa. Dengan demikian hipotesis penelitian (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan pelaksanaan model Project Based Learning berbantuan video praktikum dengan kompetensi berpikir kritis siswa, baik pada aspek psikomotor maupun kognitif pada materi larutan penyangga di kelas XI IPA SMAN 2 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Yuli Pertiwi |
Date Deposited: | 02 Jun 2021 03:50 |
Last Modified: | 02 Jun 2021 03:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20030 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |