Rahayu, Ikanur (2021) Strategi Guru Penjas Dalam Menghadapi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 di SMP Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER PDF.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK PDF.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (185kB) |
Abstract
Ikanur Rahayu. 2021. Strategi Guru Penjas Dalam Menghadapi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 di SMP Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan pendidikan olahraga dan kepelatihan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Palmizal A, S.Pd., M.Pd., (II) Roli Mardian, S.Pd., M. Pd. Kata Kunci : Strategi, Pembelajaran, Pandemi Covid-19 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru penjas dalam menghadapi pembelajaran dimasa pandemi covid-19 Penelitian ini dilakukan di SMP Muaro Jambi pada tanggal 25 Februari sampai 05 Maret 2021. Dan dari data penelitian ini diperoleh melalui wawancara bersama guru penjas yang menjadi sumber serta observasi mengenai tahap persiapan, pelaksanaan hingga evaluasi pembelajaran penjas dimasa pandemi covid-19. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis terhadap dilakukan analisis terhadap instrumen tersebut secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya strategi yang digunakan oleh guru penjas dalam menghadapi pembelajaran dimasa pandemi covid-19 adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi berupa handphone dengan media aplikasi whatsapp. Fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi whatsapp tersebut yaitu foto, video, dokumen, group whatsapp, dan call (telepon). Kemudahan dirasakan dengan kehadiran fitur whatsapp dan juga penggunaannya yang mudah dan dapat digunakan oleh berbagai kalangan. Masalah atau kendala dalam penggunaan strategi tersebut adalah ada sebagian siswa siswi yang tidak memiliki handphone dan juga jaringan internet yang tidak stabil yang ada diwilayah tempat tinggal maupun dilingkungan sekolah. Solusi dari masalah penggunaan strategi tersebut adalah dengan melaksanakan pembelajaran secara luring, dengan membagikan jadwal atau pembagian shift. Cara ini digunakan agar pembelajaran tetap bisa berjalan dengan baik. Dari hasil penelitian ini disarankan, Perlu diadakan sosialisasi besama seluruh warga sekolah dan para wali murid mengenai strategi pembelajaran yang digunakan dalam masa pandemi covid-19 dan perlunya peningkatan kompetensi guru mengenai penggunaan TIK, sehingga kesiapan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan teknologi seperti saat ini dapat lebih dimaksimalkan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? POK ?? |
Depositing User: | Ikanur Rahayu |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 02:14 |
Last Modified: | 08 Jun 2021 02:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20185 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |