Loberdo.S, Gordon (2021) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Android pada Materi Listrik Dinamis untuk Pembelajaran IPA Berorientasi Pemahaman Konsep di SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (380kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
BAB V PENUTUP.pdf Download (300kB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilakukan di SMP Negeri 14 Kerinci, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berbasis Android pada materi listrik dinamis untuk pembelajaran IPA berorientasi pemahaman konsep di SMP, serta mengetahui kualitas bahan ajar berbasis Android yang telah dihasilkan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Tahap define untuk mendefinisikan permasalahan dalam pembelajaran. Tahap design untuk menghasilkan desain produk awal dan instrumen penelitian. Tahap development untuk mengembangkan atau mewujudkan desain menjadi produk serta memperoleh kelayakan produk dan instrumen melalui validasi. Tahap disseminate (penyebaran) tidak dilakukan karena peneliti membatasi penelitian sampai tahap development. Bahan ajar berbasis Android ini dinilai oleh 2 orang ahli media, dan 2 orang ahli materi, serta diujicobakan kepada seorang guru IPA dan 31 orang siswa kelas IX SMP untuk mengetahui persepsi terhadap bahan ajar. Instrumen penelitian di antaranya: lembar validasi, angket persepsi guru, dan angket persepsi siswa. Data yang diperoleh dari lembar validasi dan angket persepsi siswa kemudian dianalisis untuk mengetahui kualitas produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas bahan ajar berbasis Android yang telah dikembangkan “Sangat Layak” menurut penilaian ahli media sebesar 96,36%, sedangkan skor ahli materi 95,83% dengan kategori “Sangat Layak”. Menurut guru IPA bahan ajar “Sangat Layak”, jika dilihat dari hasil penilaian persepsi guru saat uji coba bahan ajar. Kualitas bahan ajar berbasis Android di nilai “Sangat Baik” oleh siswa (80,06%). Berdasarkan hasil data yang diperoleh, menunjukan bahan ajar berbasis Android pada materi listrik dinamis sangat layak digunakan sebagai bahan ajar siswa kelas IX SMP.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | ULFA ZUHROH TWENTY APRIAN |
Date Deposited: | 11 Jun 2021 06:52 |
Last Modified: | 11 Jun 2021 06:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20386 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |