Tindak Tutur Ilokusi pada Iklan Berbahasa Melayu Jambi di Siaran Televisi Lokal Jambi

Ratnasari, Mie (2021) Tindak Tutur Ilokusi pada Iklan Berbahasa Melayu Jambi di Siaran Televisi Lokal Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (24kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (164kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (188kB)
[img] Text
SKRIPSI MIE RATNASARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur ilokusi pada iklan berbahasa Melayu Jambi di siaran Jambi TV dan Jek TV. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan ilokusi yang diujarkan oleh tokoh dalam iklan berbahasa Melayu Jambi di siaran Jambi TV dan Jek TV. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode simak melalui teknik rekam dan teknik catat. Pada teknik analisis data menggunakan metode padan dengan teknik pilah unsur penentu (PUP). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan 20 data tindak tutur ilokusi dari enam iklan berbahasa Melayu Jambi pada siarkan Jambi TV dan Jek TV yaitu (1) tindak tutur ilokusi asertif menyatakan terbagi atas 6 data tuturan, tindak tutur ilokusi asertif mengusulkan terbagi atas 4 data tuturan (2) tindak tutur ilokusi direktif memerintah terbagi atas 1 data tuturan, tindak tutur ilokusi direktif memberi nasihat terbagi atas 1 data tuturan (3) tindak tutur ilokusi ekspresif mengucapkan terima kasih terbagi atas 1 data tuturan, tindak tutur ilokusi ekspresif mengecam terbagi atas 2 data tuturan, tindak tutur ilokusi ekspresif memuji terbagi atas 1 data tuturan (4) tindak tutur ilokusi komisif menawarkan terbagi atas 2 data tuturan, tindak tutur ilokusi komisif menjanjikan terbagi atas 1 data tuturan (5) tindak tutur ilokusi deklaratif terbagi atas 1 data tuturan. Sedangkan fungsi tindak tutur ilokusi pada iklan berbahasa Melayu Jambi lebih banyak di dominasi oleh fungsi bekerja sama. Berdasarkan data yang diperoleh tindak tutur ilokusi yang paling banyak digunakan pada iklan berbahasa Melayu Jambi di siaran Jambi TV dan Jek TV adalah tindak tutur ilokusi asertif dengan fungsi menyatakan. Dari enam iklan yang dianalisis, iklan Plaza Meubel Jati Masrum merupakan iklan yang paling banyak menggunakan tindak tutur ilokusi dalam tuturan iklannya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Sasra Indonesia
Depositing User: MIE RATNASARI
Date Deposited: 14 Jun 2021 02:42
Last Modified: 14 Jun 2021 02:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20480

Actions (login required)

View Item View Item