PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NURUL IMAN KOTA JAMBI

Larasati, Karina (2021) PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NURUL IMAN KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Image
COVER.jpg

Download (4MB)
[img] Image
HAL PENGESAHAN.jpg

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI,TABEL,LAMPIRAN.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)

Abstract

ABSTRAK Larasati, Karina. 2021. Pengaruh Model Creative Problem Solving Berorientasi Higher Order Thinking Skills (Hots) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Di Madrasah Aliyah Nurul Iman Kota Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Rosmiati S.Pd, M.Pd (II) Ahmad Nasori S.Pd M.Pd Kata kunci: Model Creative Problem Solving Berorientasi Higher Order Thinking Skills (Hots), Hasil Belajar. Dalam suatu pembelajaran terdapat model pembelajaran creative problem solving (CPS) dimana dalam model ini memuat metode pembelajaran dengan pemecahan masalah yang mengharuskan siswa memiliki sikap berpikir kritis secara higher order thingking skills (HOTS). Dalam creative problem solving, siswa dituntun berwawasan dan pengetahuan yang luas, agar dapat memecahkan masalah dengan tepat. Tetapi pada kenyataannya seorang guru masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional maka siswa akan merasa jenuh dalam proses pembelajaran. Hal ini akan berpengaruh terhadap hasil belajarnya. hal ini terlihat dari nilai ulangan siswa mata pelajaran ekonomi yang tergolong rendah yaitu dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Creative Problem Solving Berorientasi Higher Order Thinking Skills (Hots) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Di Madrasah Aliyah Nurul Iman Kota Jambi. Penelitian termasuk kedalam penelitian eksperimen, dan jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Rancangan yang akan dipakai adalah Control Group Pretest-Posttest Design. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Di MAN Iman Kota Jambi yang berjumlah 34 siswa, Adapun kelas yang dipilih yaitu kelas XI Putra sebagai kelas Eksperimen (1) dan kelas XI Putri sebagai kelas kontrol (2). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa postest Pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran pembelajaran Creative Problem Solving berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) diperoleh mean 86,86, sedangkan untuk data postest kelas kontrol dengan mean 79,80. Hasil ini diperkuat dengan hasil analisis uji-t diperoleh nilai thitung = 3,96 dan ttabel = 2,03. Karena thitung>ttabel atau (3,96 > 2,03) berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi kesimpulannya terdapat adanya pengaruh antara penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap hasil belajar ekonomi pada materi pendapatan nasional di Madrasah Aliyah Nurul Iman Kota Jambi. Bagi guru , sebaiknya dapat menggunakan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif maka siswa akan lebih mudah antusias dalam kegiatan belajar mengajar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: KARINA LARASATI
Date Deposited: 17 Jun 2021 03:38
Last Modified: 17 Jun 2021 03:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20741

Actions (login required)

View Item View Item