PENGEMBANGAN INSTRUMEN MISKONSEPSI BERFORMAT FOUR-TIER PADA MATERI TATA SURYA UNTUK SISWA SMP

Febria, Anna Mepti (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN MISKONSEPSI BERFORMAT FOUR-TIER PADA MATERI TATA SURYA UNTUK SISWA SMP. S1 thesis, Pendidikan Fisika.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (188kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (273kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (265kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)

Abstract

Miskonsepsi merupakan kesalahan dalam menafsirkan dan memahami hubungan antar konsep. Dalam mengindentifikasi miskonsepsi dibutuhkan instrumen. Salah satu instrumen yang dapat digunakan adalah Instrumen berformat four-tier. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan: (1) Mengetahui proses pengembangan instrumen miskonsepsi format Four-tier pada materi tata surya untuk SMP. (2) Mengetahui Kualitas produk Instrumen miskonsepsi berformat four-tier yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model 4D yang pelaksanaannya diabatasi untuk tahapan Define, Design, dan Development. Validasi produk yang dikembangkan dilakukan melalui validasi ahli dan validasi lapangan melalui uji coba. Populasi untuk uji coba pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 3 Batang Hari dan SMPN 11 Batang Hari yang telah belajar tata surya. Pelaksanaan uji coba tahap I dengan teknik purposive sampling didapatkan responden sebanyak 50 siswa. Pada uji coba tahap II dengan teknik total sampling didapatkan responden sebanyak 152 siswa. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa instrumen berada dikategori sangat baik sehingga layak untuk digunakan. Hasil angket validasi didapatkan persentase kelayakan produk 86,75% oleh validator 1, 90,8% oleh validator 2 dan 92,5% oleh validator 3. Validitas Instrumen secara kuantitatif ditentukan dengan menggunakan analisis faktor (validitas konstruk) dan didapatkan bahwa semua item mempunyai validitas yang nilainya lebih besar dari 0,3. Item yang mempunyai nilai validitas > 0.3 di kategorikan valid. Sementara hasil analisis reliabilitas didapatkan nilai Cronbach’s Alpha 0,861. Dimana nilai Cronbach’s Alpha tersebut lebih besar dari 0,06, maka dapat disimpulkan semua item soal adalah konsisten atau reliabel

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ANNA MEPTI FEBRIA
Date Deposited: 17 Jun 2021 06:38
Last Modified: 17 Jun 2021 06:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20759

Actions (login required)

View Item View Item