Pengembangan Video Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Sentra Bermain Peran Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK ABA IV Kota Jambi

Istiani, Rani (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Sentra Bermain Peran Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK ABA IV Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
A1F117002_Rani Istiani_Proposal skripsi CETAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (114kB)
[img] Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (317kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (367kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Menghasilkan perangkat pembelajaran model pembelajaran sentra bermain peran yang diwujudkan dalam video pembelajaran pada masa pandemi Covid-19, Mengetahui kelayakan model pembelajaran sentra bermain peran yang diwujudkan dalam video pembelajaran pada masa pandemi Covid-19, Mengetahui respon guru mengenai model pembelajaran sentra yang diwujudkan dalam video pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan di TK ABA IV Kota Jambi pada februari 2021. Dengan terlebih dahulu membagikan angket kepada tim ahli media dan ahli materi, setelah dinyatakan layak untik di uji coba oleh tim ahli selanjutnya angket penilaian responden yang telah di masukkan ke googleform dan di bagikan via whatsapp grup kepada responden untuk memeperoleh data penilaiannya. Hasil penilaian berdasarkan validasi dari tim ahli materi dan ahli media, diketahui bahwa video pembelajaran menunjukan hasil yang positif. Perolehan jumlah skor yang di dapat dari tim ahli materi yaitu sebesar 48 dengan persentase 92,30% yang menunjukan kategori sangat baik. Sedangkan berdasarkan hasil validasi dari ahli media skor yang diperoleh sebesar 57 dengan persentase 95% yang menunjukan kategori sangat baik. Dengan demikian maka video pembelajaran yang telah di validasi oleh tim ahli materi dan media dinyatakan layak untuk diuji cobakan kepada responden yang terdiri dari 11 guru TK ABA IV Kota Jambi, 9 orang tua anak kelas BI TK ABA IV Kota Jambi, dan 40 mahasiswa PG-PAUD Universitas Jambi. Sehingga diperoleh rata-rata persentase keseluruhan responden sebesar 90, 82% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini didasarkan agar guru, orang tua, dan mahasiswa dapat dengan mudah untuk menyampaikan materi pembelajaran selama masa pandemi, dan sebagai variasi dalam pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: RANI ISTIANI
Date Deposited: 18 Jun 2021 03:42
Last Modified: 18 Jun 2021 03:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20956

Actions (login required)

View Item View Item