WULANDARI, PUTRI RIZKI (2021) ANALISIS RASA PERCAYA DIRI PADA ANAK MELALUI METODE PROYEK DI TPA AN-NAHL PERCIKAN IMAN KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (18kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (81kB) |
Abstract
ABSTRAK Putri Rizki Wulandari. 2021.“Analisis Rasa Percaya Diri Pada Anak Melalui Metode Proyek di TPA An-Nahl Percikan Iman Kota Jambi”: Skripsi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Nyimas Mu’azzomi, S.Ag.,M .Pd.I (II) Drs. Irwan, M.Pd Kata Kunci : Analisis, Rasa Percaya Diri, Metode Proyek, Anak Usia Dini Dalam proses pembelajaran, tidak semua anak usia dini memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Di TPA An-Nahl Percikan Iman Kota Jambi peneliti menemukan ada anak yang memiliki rasa percaya diri rendah, seperti ada anak yang menangis ketika sampai di kelas karena ditinggal kerja orangtuanya, juga ada anak yang masih membutuhkan bantuan guru dalam mewarnai. Salah satu upaya yang guru TPA An Nahl lakukan adalah melalui metode proyek yang memberikan pengalaman belajar dalam mengerjakan proyek dengan kepercayaan diri masing-masing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tingkatan rasa percaya diri anak melalui metode proyek pada aspek optimis akan kemampuan diri, (2) tingkatan rasa percaya diri anak melalui metode proyek pada pesikap positif, (3) tingkatan rasa percaya diri anak melalui metode proyek pada aspe bertanggung jawab, (4) tingkatan rasa percaya diri anak melalui metode proyek pada aspe objektif dan (5) tingkatan rasa percaya diri anak melalui metode proyek di TPA An-Nahl Percikan Iman Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.. Populasi penelitian adalah anak di TPA An-Nahl Percikan Iman Kota Jambi yang berjumlah 15 anak, teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling sehingga didapat sampel berjumlah 6 anak. Alat pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan rumus rata-rata. Hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan bahwa: (1) rasa percaya diri pada aspek optimis akan kemampuan diri berada di tingkatan “Sedang” (56%), (2) rasa percaya diri pada aspek sikap positif berada di tingkatan “Sedang (49%), (3) rasa percaya diri pada aspek bertanggung jawab berada di tingkatan “Tinggi” (72%), (4) rasa percaya diri pada aspek objektif berada pada tingkatan “Sangat Tinggi” (84%) dan (5) rasa percaya diri pada anak melalui metode proyek berada pada tingkatan “Sedang”. (63%). Berdasarkan hasil penelitian mengenai analisis rasa percaya diri pada anak melalui metode proyek di TPA An-Nahl Percikan Iman Kota Jambi dapat disimpulkan bahwa rata-rata rasa percaya diri anak di TPA tersebut berada pada tingkatan “Sedang” (66,4%).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing: (I) Nyimas Mu’azzomi, S.Ag.,M .Pd.I (II) Drs. Irwan, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Rasa Percaya Diri, Metode Proyek, Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | PUTRI RIZKI WULANDARI |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 06:35 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 06:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21377 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |