Strategi guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran IPA pada masa pandemi sekolah dasar

Daroini, Daroini (2021) Strategi guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran IPA pada masa pandemi sekolah dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover daroini.pdf

Download (330kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)

Abstract

Daroini. 2021. Strategi Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran IPA pada masa pandemi sekolah: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Maryono, M.Pd. (II) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd. Kata kunci: strategi guru, penilaian pembelajaran IPA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru di SD Negeri 111/1 Muara Bulian penilaian pembelajaran IPA pada masa pandemi Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, jenis penelitian fenomenologi, yang dilakukan di SD Negeri 111/1 Muara Bulian pada Januari 2021. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi kegiatan guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran IPA (sebagai data utama) dan wawancara dengan guru kelas (sebagai data penunjang). Adapun subjek penelitian ini adalah guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di sekolah ini melakukan penilaian pembelajaran IPA pada masa pandemi. Guru melakukan analisis indikator yang yang dikembangkan dar KI dan KD sesuai pada pelaksanaan pembelajaran. guru melakukan intsrumen penilaian pengetahuan, penugasan dan fortofolio. Hal ini dapat dilihat dari ketercapaian kompetensi dasar KI-3 dan KI-4. Pelaksanaan penilaian pengetahuan dapat dilihat guru memberikan LKPD penugasan dirumah dalam tes tertulis berupa soal uraian yang disiapkan guru dikirimkan dalam video pembelajaran. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian menunjukan bahwa guru melakukan instrumen penilaian pengetahuan, penugasan dan fortofolio dapat dilihat dari ketercapaian kompetensi dasar KI-3 dan KI-4.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Daroini
Date Deposited: 23 Jun 2021 07:09
Last Modified: 23 Jun 2021 07:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21381

Actions (login required)

View Item View Item