ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENGKONSTRUKSI KONSEP PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT DAN SEGITIGA

Noviyla, Dania (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENGKONSTRUKSI KONSEP PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT DAN SEGITIGA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (488kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (91kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif dalam mengkonstruksi konsep pada materi bangun datar segiempat dan segitiga. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif dalam mengkonstruksi konsep pada materi bangun datar segiempat dan segitiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Dharma Bhakti 3 Jambi pada kelas VIII . Dari 19 siswa dalam satu kelas sebagai calon subjek diberikan tes dan diambil 3 orang siswa sebagai subjek penelitian kemudian ditemukan kemiripan jawaban sehingga subjek penelitian diambil berdasarkan pengelompokkan berdasarkan kemiripan hasil jawaban siswa. Dimana kelompok pertama yaitu kelompok dengan menyelesaikan permasalahan menggunakan 2 cara penyelesaian berbagai macam jawaban, tanpa kesimpulan. Kelompok kedua dengan menyelesaikan permasalahan menggunakan 1 cara, berbagai macam jawaban dan kesimpulan. Kelompok ketiga yaitu dengan menyelesaikan permasalahan menggunakan 1 cara, berbagai macam jawaban, tanpa kesimpulan. Kemudian dipilih data dari lembar tes dengan menggunakan think aloud dan hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, subjek pertama hanya memenuhi indikator kemampuan berpikir kreatif matematis keluwesan berdasarkan kemampuan awal yang dimiliki, hal ini dikarenakan kemampuan untuk mengembangkan dengan benar masih kurang dan kurang teliti. Sedangkan, subjek kedua belum memenuhi indikator kemampuan berpikir kreatif matematis, hal ini dikarenakan kemampuan untuk mengembangkan dengan benar masih kurang dan kurang teliti. Subjek ketiga memenuhi indikator kemampuan berpikir kreatif matematis dalam mengkonstruksi konsep, hal ini dikarenakan subjek belum mampu mengembangkan pengetahuannya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dania Noviyla
Date Deposited: 22 Jun 2021 07:22
Last Modified: 22 Jun 2021 07:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21449

Actions (login required)

View Item View Item