Pengembangan e-Modul berbasis PBL Berbantuan Instagram pada Materi Koloid Kelas XI MIPA

Anggun Eka Saputri, Dinda (2021) Pengembangan e-Modul berbasis PBL Berbantuan Instagram pada Materi Koloid Kelas XI MIPA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
PAPER DINDA ANGGUN_ UJIAN SKRIPSI...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (260kB)
[img] Text
5. Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (72kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
1. ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (99kB)

Abstract

Kimia merupakan salah satu mata pelajaran sains yang kompleks. Selain abstrak, materi kimia mencakup perhitungan, eksperimen, dan konsep. Salah satu materi kimia yang dipelajari oleh siswa adalah Sistem koloid. Pada materi sistem koloid, terdiri dari konsep koloid, sifat sifat koloid, dan pembuatan koloid. PBL hadir sebagai salah satu pendekatan yang tepat dalam pembelajaran kimia, khususnya materi sistem koloid karena sifatnya yang berupa pemecahan masalah kehidupan sehari hari sehingga siswa mampu belajar materi koloid secara bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-Modul Berbasis PBL Berbantuan Instagram Pada Materi Sistem Koloid kelas XI MIPA serta mengetahui penilaian guru dan respon siswa terhadap e-Modul yang dikembangkan di SMA Negeri 6 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan selanjutnya divalidasi oleh ahli media dan ahli materi serta dinilai oleh guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif (Komentar dan saran) serta analisis data kuantitatif (rata-rata skor jawaban dan nilai persentase). Hasil yang diperoleh dari peneliti dari tim ahli masing masing sebesar 88 dengan rerata skor 4,89 (sangat baik) oleh ahli media dan skor 55 dengan rerata skor 3,53 ( baik) oleh ahli materi serta layak untuk diujicobakan. Selanjutnya berdasarkan hasil penilaian guru dan respon siswa diperoleh skor masing masing sebesar 65 dengan rerata skor 4,3 (sangat baik) oleh guru serta mendapatkan persentase 86,67% oleh siswa dengan kategori sangat baik. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-Modul berbasis PBL ini sangat baik dan layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar pada materi Sistem Koloid.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: dinda anggun eka saputri
Date Deposited: 24 Jun 2021 02:34
Last Modified: 24 Jun 2021 02:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21556

Actions (login required)

View Item View Item