Zilfikri, Muhammad (2021) Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori Van Hiele pada Materi Tabung dan Kerucut di Kelas IX SMPN 10 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (959kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (792kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (84kB) |
Abstract
Pembelajaran materi geometri yang diajarkan kepada siswa kelas IX pada jenjang SMP harus dicapai seluruh siswa, sedangkan banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal pada materi geometri, terutama pada jenis soal cerita materi tabung dan kerucut. Hal tersebut akan menghasilkan tingkatan pemahaman siswa terhadap materi geometri, sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Van Hiele. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan teori Van Hiele pada materi tabung dan kerucut di kelas IX SMPN 10 Kota Jambi Dalam penelitian ini kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita akan dideskripsikan berdasarkan level pemahaman Van Hiele. Adapun kesulitan tersebut adalah sebagai berikut: 1) Ketidakmampuan siswa dalam penguasaan konsep secara benar; 2) Ketidakmampuan menggunakan data; 3) Ketidak-mampuan mengartikan bahasa matematika; 4) Ketidakcermatan dalam melakukan operasi hitung; 5). Ketidakmampuan dalam menarik kesimpulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan bentuk studi kasus menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Kota Jambi kelas IXE. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 3 dari 29 siswa, dipilih berdasarkan tes geometri Van Hiele yaitu; 1) Siswa Level Visualisasi (SLV); 2) Siswa Level Analisis (SLA); 3) Siswa Level Deduksi Informal (SLDI). Teknik pengumpulan data menggunakan; 1) Instrument angket untuk mengetahui level berpikir siswa masing-masing akan diwakilkan 1 subjek; 2) Instrument soal cerita materi tabung dan kerucut; 3) Wawancara untuk mengetahui sejauh mana kesulitan yang dialami 3 subjek dalam menyelesaikan soal cerita. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap tingkat level berpikir masing-masing subjek mempengaruhi kesulitan yang dialami subjek dalam menyelesaikan soal cerita. Kata Kunci : Kesulitan Siswa, Van Hiele, Soal Cerita, Tabung dan Kerucut
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ZILFIKRI |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 01:30 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 01:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21562 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |