Noventi, Brezza Fitri (2021) Pengembangan e-LKPD Berbasis Discovery Learning Pada Materi Asam Basa di SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (88kB) |
Abstract
Mata pelajaran kimia adalah mata pelajaran yang terfokus pada bagaimana peserta didik memahami konsep, prinsip, hukum dan teori kimia serta keterkaitannya antara ilmu kimia itu dengan penerapannya di kehidupan sehari-hari guna menyelesaikan suatu masalah. Discovery learning merupakan model pembelajaran penemuan yang dapat membuat siswa menggali pengetahuan atau pemahaman konsep secara mandiri Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pengembangan e-LKPD berbasais discovery learning secara spesifik untuk membantu siswa menemukan konsep secara mandiri dan apakah e-LKPD berbasis discovery learning yang didesain khusus bagi siswa dengan gaya belajar visual, berbentuk aplikasi android pada materi asam basa kelas XI MIA SMAN 7 Kota Jambi yang dikembangkan layak secara teoritis maupun praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh guru yang selanjutnya diujicobakan satu lawan satu dan ujicoba kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (skor jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah e-LKPD berbasis discovery learning yang telah divalidasi oleh tim ahli yaitu ahli materi dan ahli media dinyatakan layak untuk diujicobakan. Selanjutnya berdasarkan dari tanggapan dan penilaian guru yang berisikan bahwa e-LKPD yang dikembangkan telah sesuai dan layak untuk diujicobakan pada siswa,. Serta mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa dengan gaya belajar visual dengan presentase 89,83% (Sangat baik). Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, disimpulkan bahwa e-LKPD ini layak diuji cobakan secara teoritis dan praktis sebagai salah satu media pembelajaran pada materi asam basa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | BREZZA FITRI NOVENTI |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 06:41 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 06:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21735 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |