PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JAMBI

RAHAYU, RAHAYU (2021) PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER SKRIPSI-dikonversi.pdf

Download (30kB)
[img] Text
halaman persetujuan dan halaman pengesahan-dikonversi.pdf

Download (329kB)
[img] Text
DAFTAR ISI--dikonversi.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi (1).pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB V-dikonversi.pdf

Download (44kB)

Abstract

ABSTRAK Rahayu, 2021.“Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar dan Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi”.Pembimbing:(I) Dr. Drs. Suratno, M.Pd. (II) Fachruddiansyah Muslim, S.Pd., M.Pd Kata kunci: Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar, Kpercayaan Diri, Prestasi Belajar Penelitian ini diambil dengan adanya masalah terkait prestasi belajar pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2017 dan 2018 Universitas Jambi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa rata-rata prestasi belajar mahasiswa sudah tertinggi namun masih perlu ditingkatkan agar bisa menjadi kategori sangat tinggi. Untuk itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut faktor yang mempengaruhi prestasi belajar tersebut. Adapun yang mempengaruhi tersebut yaitu pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan kepercayaan diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara: (1) pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi universitas jambi, (2) pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi universitas jambi, (3) pengaruh signifikan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi universitas jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan expo facto. Populasi pada penelitian ini mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2017 dan 2018 dengan jumlah seluruhnya sebanyak 142 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling menggunakan rumus slovin yang didapat 105 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analasis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heterokedasditas, uji simultan (t), uji parsial (f) dan koefisien determinasi simultan (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar diperoleh nilai thitung> ttabel yaitu 6,251 > 1,984. (2) terdapat pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar diperoleh nilai thitung> ttabel yaitu 3,910 > 1,984. (3) terdapat pengaruh signifikan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar diperoleh nilai thitung> ttabel yaitu 3,910 > 1,984. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi universitas jambi. Dari hasil ini penelitian ini disarankan agar mahasiswa memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini untuk belajar dan meningkatkan pengetahuan serta rasa percaya diri dalam mengungkapkan pendapat.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I Dr. Drs. SURATNO, M.Pd Prmbimbing II FACHRUDDIANSYAH MUSLIM, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR, KEPERCAYAAN DIRI, PRESTASI BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: RAHAYU
Date Deposited: 28 Jun 2021 03:37
Last Modified: 28 Jun 2021 03:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21865

Actions (login required)

View Item View Item