Analisis Pola Pembiayaan Kapitasi Terhadap Kualitas Layanan Kesehatan Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Di Kota Jambi

Silalahi, Yeni Frisca (2021) Analisis Pola Pembiayaan Kapitasi Terhadap Kualitas Layanan Kesehatan Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Di Kota Jambi. S1 thesis, Ilmu Kesehatan Masyarakat.

[img] Text
SKRIPSI FULL-YENI FRISCA BR SILALAHI-N1A117142-FKIK-UNJA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
PERSETUJUAN DAN PENGESHAN-YENI FRISCA BR SILALAHI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
COVER-YENI FRISCA BR SILALAHI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
ABSTRAK-YENI FRISCA BR SILALAHI.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB I-YENI FRISCA BR SILALAHI.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB V-YENI FRISCA BR SILALAHI.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-YENI FRISCA BR SILALAHI.pdf

Download (309kB)

Abstract

Latar Belakang: Dana kapitasi adalah besaran pembayaran per-bulan yang dibayar dimuka kepada FKTP berdasarkan jumlah peserta yang terdaftar tanpa memperkirakan jenis dan jumlah pelayanan kesehatan yang diberikan. Sistem pembayaran ini menganjurkan kepada FKTP untuk melakukan tindakan yang efektif dan efisien dengan mengutamakan kegiatan promotif dan preventif, maka dari itu pelayanan yang diberikan kepada pasien sebaiknya berkualitas sesuai dengan standar pelayanan yang ditentukan. Pelayanan kesehatan yang berkualitas, harus sesuai dengan lima dimensi yaitu Service Quality (SERVQUAL) yaitu : (1) kehandalan (reliability); (2) daya tanggap (responsiveness); (3) jaminan (assurance); (4) empati (emphaty); dan (5) bukti langsung (tangibles). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pola pembiayaan kapitasi terhadap kualitas layanan kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama di kota Jambi. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif dengan jenis penelitian kuantitatif, dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasinya adalah Petugas kesehatan yaitu dokter, perawat, bidan dan pasien. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivatiate. Hasil Penelitian: Ada hubungan antara kapitasi dengan reliability (ρ=0,035) dan tidak ada hubungan kapitasi tangiable (ρ=0,441), responsiveness (ρ=0,779), emphaty (ρ=0,926), assurance (ρ=0,293). Kesimpulan dan Saran: Variabel yang memiliki hubungan dengan kapitasi yaitu reliability, sedangkan variabel yang tidak memiliki hubungan dengan kapitasi yaitu tangiable, responsiveness, emphaty, assurance. Sarannya untuk FKTP semakin meningkatkan kualitas pelayanannya. KataKunci: Kapitasi, Kualitas Pelayanan, FKTP

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: YENI FRISCA BR SILALAHI
Date Deposited: 29 Jun 2021 03:05
Last Modified: 29 Jun 2021 03:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21991

Actions (login required)

View Item View Item