PERAN GURU PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DIMASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR

Nursafitri, Nursafitri and Yantoro, Yantoro and Chan, Faizal (2021) PERAN GURU PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DIMASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (294kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (495kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (196kB)

Abstract

ABSTRAK Nursafitri. 2021. Peran Guru Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Yantoro, M. Pd, (II) Drs. Faizal Chan, S. Pd., M. Si. Kata kunci: Peran Guru, Pembelajaran Jarak Jauh. Pada saat sekarang ini, masyarakat Indonesia mengalami keadaan yang kurang sehat karena adanya Virus Covid-19, sehingga memberikan dampak yang cukup besar dalam kehidupan salah satu dampaknya pada bidang pendidikan. Hal ini mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan tentang pelaksanaan pembelajaran di Indonesia yaitu pembelajaran harus dilaksanakan secara jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru pada pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi covid-19 di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, yang mendeskripsikan fenomena terkait peran guru pada pembelajaran jarak jauh. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru pada pembelajaran jarak jauh Dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh guru tetap membuat perencanaan pembelajaran dengan membuat RPP, tetapi RPP yang digunakan seperti RPP tatap muka, belum sepenuhnya mengorganisasikan berbagai sumber belajar dan menentukan sumber belajar, menggunakan referensi hanya satu referensi serta menggunakan media pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) dengan menggunakan aplikasi whatsapp dan video youtube. Dengan menggunakan whatsapp dan video youtube guru belum dapat sepenuhnya menguasai materi pelajaran, belum sepenuhnya menumbuhkan dan mengembangkan sikap, mental dan watak peserta didik, belum sepenuhnya mengarahkan peserta didik tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi, minat dan bakatnya, mendorong peserta didik semangat belajar dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menunjukkan cara agar materi pelajaran dapat dpahami peserta didik, menunjukkan sikap-sikap terpuji, serta guru hanya dapat mengontrol peserta didik melalui absen dan tugas yang dikirimkan ke whatsapp ataupun dikumpulkan ke sekolah. Kemudian untuk mengevaluasi peserta didik yaitu dengan mengirimkan tugas harian ke whatsapp ataupun mengumpulkannya ke sekolah agar diberikan penilaian, guru melakukan kegiatan apresiasi, serta membuat raport, promes dan prota. Kemudian guru juga memberikan penilaian sikap berupa kedisplinan dan tanggung jawab peserta didik dalam mengumpulkan tugas.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: NURSAFITRI
Date Deposited: 30 Jun 2021 02:49
Last Modified: 30 Jun 2021 02:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22101

Actions (login required)

View Item View Item