PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK SECARA DARING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Ifliadi, Ilham and Arsil, Arsil and Destrinelli, Destrinelli (2021) PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK SECARA DARING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI ILHAM IFLIADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (306kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan problematika guru dalam pembelajaran seni musik secara daring di kelas IV sekolah dasar dan mendeskripsikan usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi problematika guru dalam pembelajaran seni musik secara daring di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 182/I Hutan Lindung pada Januari-Februari 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Informan dalam penelitian ini adalah guru wali kelas IV SD Negeri 182/I Hutan Lindung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah mendapatkan data, kemudian data akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki problematika dalam pembelajaran seni musik secara daring di kelas IV sekolah dasar, problematika guru tersebut ditemukan dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (1) Problematika dalam Perencanaan yaitu a) keterbatasan guru dalam adaptasi teknologi, b) tidak semua siswa memiliki handphone pribadi dan kuota internet yang memadai untuk membuka link video youtube, (2) Problematika dalam pelaksanaan yaitu a) pelaksanaan pembelajaran seni musik secara daring tidak dapat dilakukan guru dengan optimal, b) model pelaksanaan pembelajaran terbatas, (3) Problematika dalam Evaluasi yaitu a) tujuan dan indikator pembelajaran seni musik tidak sepenuhnya dapat dievaluasi guru terutama dalam keterampilan, b) siswa belum mampu menunjukkan ketepatan tempo dan tinggi rendah nada ketika menyanyikan lagu. Dalam problematika yang dihadapi guru tersebut, guru juga memiliki usaha-usaha dalam mengatasi problematika dalam pembelajaran seni musik, usaha-usaha tersebut diantaranya adalah: (1) usaha guru mengatasi problematika perencanaan yaitu a) membagikan buku kepada siswa sebagai sumber belajar lain selain pada grup whatsapp, b) berkonsultasi dengan orang tua mengenai penggunaan handphone dan kuota internet, (2) usaha guru mengatasi problematika pelaksanaan yaitu a) mengirimkan video lagu yang berkaitan dengan tempo dan tinggi rendah nada, b) memberikan tugas dengan menyanyikan lagu yang sudah dikenal siswa seperti lagu Ampar-ampar Pisang, c) guru memberikan pengarahan dan motivasi kepada siswa, (3) usaha guru mengatasi problematika evaluasi yaitu a) berkonsultasi dengan orang tua untuk membantu anak bela

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: ILHAM IFLIADI
Date Deposited: 06 Jul 2021 04:01
Last Modified: 06 Jul 2021 04:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22188

Actions (login required)

View Item View Item