PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, AND EXTENDING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PADA MATERI PERSAMAAN TRIGONOMETRI

Wahyuni, Sri (2021) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, AND EXTENDING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PADA MATERI PERSAMAAN TRIGONOMETRI. S2 thesis, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (42kB)
[img] Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (356kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (38kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
Official URL: https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/...

Abstract

Materi trigonometri merupakan salah satu materi yang terintegrasi pada setiap jenjang kelas di tingkat sekolah menengah atas. Pada kenyataannya, setiap tahun selalu ditemukan masalah dalam pembelajaran terkait dengan materi ini. Berdasarkan hasil observasi penulis diperoleh beberapa fakta penyebab sulitnya mempelajari materi ini yaitu pemahaman konsep yang belum utuh dari tingkat rendah sehingga berdampak pada tingkat lanjutan. Masalah ini cenderung membuat guru kembali mengulang materi pada tingkatan sebelumnya untuk membuat peserta didik kembali merecall ingatannya sebelum masuk ke materi yang baru. Hal ini jelas membuat waktu pembelajaran tidak efektif. Tidak adanya media pendukung juga menjadi masalah sehingga proses pembelajaran secara umum masih dilakukan secara konvensional dan belum sepenuhnya melatih kemampuan peserta didik dalam mengoneksi pengetahuannya yang mana sangat dibutuhkan dalam mempelajari materi trigonometri ini. Salah satu inovasi dan alternatif dalam pembelajaran matematika agar kemampuan koneksi peserta didik meningkat yaitu dengan pengembangan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengetahui prosedur yang direkomendasikan dalam mendesain dan mengembangkan produk; (2) mengetahui kelayakan LKPD yang dikembangkan; (3) mengetahui potensi dampak yang dapat dideskripsikan oleh produk untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan tahapan analisis, desain, pengembangan dan evaluasi. Berdasarkan penelitian ini didapatkan prosedur yang direkomendasikan dalam mendesain dan mengembangkan LKPD berbasis CORE. Penerapan teori belajar dan pembelajaran serta sintaks CORE sudah tertanam dengan baik pada produk dan dinyatakan valid oleh validator. Penerapan teori-teori ini memberikan dampak atau implikasi secara logis pada komponen koneksi matematis sehingga dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis CORE berpotensi meningkatkan kemampuan koneksi peserta didik.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: SRI WAHYUNI
Date Deposited: 05 Jul 2021 01:15
Last Modified: 05 Jul 2021 01:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22251

Actions (login required)

View Item View Item