Tampubolon, Sofhia (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN REMEDIAL SECARA DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA SDK BINA KASIH JAMBI. S2 thesis, Magister Pendidikan Dasar.
![]() |
Text
0. Cover.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
1. Halaman Persetujuan.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
2. Halaman Pengesahan.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK sofhie.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
Abstract
ABSTRAK EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN REMEDIAL SECARA DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA SDK BINA KASIH JAMBI Oleh : Sofhia Everlyn Tampubolon NIM : P2A619033 (Program Studi Magister Pendidikan Dasar) Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar matematika pada beberapa siswa SDK Bina Kasih Jambi, khususnya pada pokok bahasan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB). Alternatif pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran remedial secara daring karena karakteristik dari pembelajaran remedial yang lebih menekankan pada bimbingan secara individual terhadap siswa dengan kemampuan rendah, dan pembelajaran secara daring memungkinkan dilakukan bimbingan secara individual terhadap masing-masing siswa yang tidak mencapai nilai sesuai dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis efektivitas pembelajaran remedial secara daring terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika di SDK Bina Kasih Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mixed methods. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah concurrent triangulation designs. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDK Bina Kasih Jambi yang berada di Kecamatan Jelutung Jambi. Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas IV yang memperoleh nilai di bawah KKM. Teknik yang digunakan dalam desain penelitian sequential exploratory, yang terdiri dari observasi, angket, dan metode tes. Analisis data yang dilaksanakan dalam penelitian ini digunakan dua pendekatan, yakni pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan setelah dilakukan pembelajaran remedial terjadi peningkatan prilaku belajar siswa sebesar 57,8%. Persepsi siswa terhadap pelajaran matematika meningkat sebesar 64,3%. Hasil belajar siswa juga meningkat sebesar 50 point dibandingkan pembelajaran klasikal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran remedial secara daring secara efektif dapat memperbaiki proses pembelajaran klasikal. Pembelajaran remedial secara daring sangat efektif untuk meningkatkan hasil pembelajaran matematika pada materi FPB dan KPK. Kata Kunci : Remedial, Pembelajaran, Daring, Matematika
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | SOFHIA EVERLYN TAMPUBOLON |
Date Deposited: | 05 Jul 2021 02:09 |
Last Modified: | 05 Jul 2021 02:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22293 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |