Septria, Rahmat and Saharudin, Saharudin (2021) ANALISIS BERPIKIR PSEUDO PADA ANAK AUTIS DALAM MEMECAHKAN SOAL MATEMATIKA (KASUS DI SLBN PROF. DR. SRI SOEDEWI MS SH JAMBI). S2 thesis, Magister Pendidikan Matematika.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (473kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (746kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (525kB) |
![]() |
Text
Kesimpulan.pdf Download (455kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (589kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) bagaimana berpikir pseudo siswa autis ringan-sedang dalam memecahkan masalah, dan (2) bagaimana berpikir pseudo siswa autis berat dalam memecahkan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan tanggal 25 Januari–25 Februari 2021. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling dengan subjek penelitian yakni 4 siswa autis tingkat SMP yang bersekolah di SLBN Prof. Dr. Sri Soedewi MS SH Jambi, Adapun pengkategorian siswa menggunakan instrument DSM-IV dan CARS untuk melihat keparahan siswa autis sehingga dikategorikan 2 siswa autis ringan-sedang dan 2 siswa autis berat. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi awal kondisi siswa autis, dokumentasi, tes tertulis materi perkalian, dan wawancara. Hasil penelitian didapatkan bahwa: (1) Berpikir pseudosiswa autis kategori ringan-sedang dalam memecahkan masalah perkalian yakni seringkali mampu mengungkapkan apa yang diketahui dan ditanya secara tertulis, mampu menyebutkan langkah sesuai dengan yang guru ajarkan, namun tidak dapat menjelaskan dan menjustifikasi hasil yang sudah diperoleh sehingga dengan kata lain siswa autis ringan-sedang dalam memecahkan soal matematika masalah perkalian seringkali mengalami berpikir pseudo benar, serta (2) Berpikir pseudo siswa autis kategori berat dalam memecahkan masalah perkalian yakni mampu mengungkapkan kata-kata pada soal tanpa memilah informasi penting, tidak mampu menyebutkan rencana yang digunakan dalam menyelesaikan masalah sehingga langkah-langkah penyelesaian dan jawaban yang dihasilkan salah, dan tidak dapat memperbaiki jawaban yang diperoleh, sehingga dengan kata lain siswa autis kategori berat seringkali mengalami berpikir salah.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | RAHMAT SEPTRIA |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 04:02 |
Last Modified: | 22 May 2023 02:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22384 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |