Wati, Mirna (2021) Analisis Keterlaksanaan Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Etnosains dan Korelasinya dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Koloid. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI MIRNA.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
DAPUS.pdf Download (207kB) |
Abstract
Salah satu kecakapan yang harus dimiliki oleh siswa dalam kurikulum 2013 yaitu kecakapan kreativitas. Kreativitas dapat terwujud apabila siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif yang tinggi. Pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa dapat dilakukan dalam proses pembelajaran yaitu dengan menerapkan model Project Based Learning berbasis Etnosains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model PjBL berbasis Etnosains dan korelasinya dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi koloid. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI IPA 2. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model PjBL berbasis Etnosains oleh guru maupun siswa dan tes essai kemampuan berpikir kreatif siswa. Untuk melihat korelasi keterlaksanaan model PjBL berbasis Etnosains dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan uji korelasi product moment pearson. Keterlaksanaan model PjBL berbasis Etnosains oleh siswa diperoleh sebesar 64,09% dengan kategori baik dan persentase kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 63,8%. Korelasi keterlaksanaan model PjBL berbasis Etnosains dengan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh rxy= 0,79 dengan tingkat korelasi kuat. Hasil uji koefisien determinasi keterlaksanaan model PjBL berbasis Etnosains dengan kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu 62,41% dengan tingkat korelasi kuat, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara keterlaksanaan model Project Based Learning berbasis etnosains dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi koloid.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mirnawati |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 03:27 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 03:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22592 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |