Ermaida, Anisa (2021) PENGEMBANGAN MODUL PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN EMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI GURU BERBASIS BUDAYA JAMBI. Post-Doctoral thesis, pascasarjana pendidikan matematika.
![]() |
Text
1COVER.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
pengesahan.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
BAB V-dikonversi.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (15kB) |
Abstract
Dalam pembelajaran matematika, guru sering menggunakan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika yang ada di buku sering menggunakan instrument penilaian yang hanya menilai pengetahuan matematikanya saja dan tidak memperkenalkan budaya lokal tempat mereka menimba ilmu yakni budaya Jambi. Hal ini nampak pada instrument soal pada kegiatan ujian akhir sekolah semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 untuk mata pelajaran matematika, guru masih membuat insrumen penilaian berdasarkan adopsi dari buku mata pelajaran yang belum menyentuh budaya lokal khususnya budaya Jambi. Penelitian pengembangan modul ini bertujuan mengetahui prosedur pengembangan instrumen penilaian, pembuatan modul, pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika berbasis budaya Jambi, validitas modul. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Tahap yang dilakukan yaitu 1) Analyze (analisis), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implement (Pelaksanaan), 5) Evaluation (Evaluasi). Pada tahap analisis dilakukan analisis kurikulum, analisis karakteristik peserta didik, analisis materi, pada tahap perancangan dilakkan persiapan pembuatan produk, penyusunan kerangka modul, dan penyusunan instrumen penialain, pada tahap pengembangan dilakukan pembuatan produk, kemudian Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket tertutup. dan produk hasil pengembangan di validasi tim ahli materi dan validasi tim ahli desain. Selanjutnya diujicobakan kepada guru di SMK N 1 Kota Jambi. Produk hasil pengembangan berupa modul penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika berbasis budaya Jambi pada materi garis, titik bidang pada geometri dimensi tiga. Melalui analisis data dengna uji validitas dan analitis data statistic deskripsifmaka diperoleh kevalidan. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Hasil validasi menunjujkkan bahwa modul penyusunan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika bagi guru Berbasis Budaya Jambi sudah valid. Berdasarkan data praktikalitas diperoleh bahwa modul penyusunan isntrumen penilain bagi guru berbasis budya Jambi sudah praktis digunakan dalam membuat Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika, terlihat dari pelaksanaan pembuatan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika berbasis budaya Jambi sesuai rencana, dapat membuat Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika berbasis budaya Jambi secara mandiri. Modul penyususuan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika bagi guru berbasis Budaya Jambi telah efektif dalam membuat guru menyusun isntrumen penilaian matematika berbasis budaya Jambi.
Type: | Thesis (Post-Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ANISA ERMAIDA, S.Pd. |
Date Deposited: | 12 Jul 2021 03:35 |
Last Modified: | 12 Jul 2021 03:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22695 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |