ANALISIS PERBEDAAN KEPUASAN PASIEN PENGGUNA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DENGAN PASIEN UMUM TERHADAP PELAYANAN RAWAT JALAN PUSKESMAS NIPAH PANJANG TAHUN 2020

Arief, Aisah Ahda (2021) ANALISIS PERBEDAAN KEPUASAN PASIEN PENGGUNA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DENGAN PASIEN UMUM TERHADAP PELAYANAN RAWAT JALAN PUSKESMAS NIPAH PANJANG TAHUN 2020. S1 thesis, Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat FKIK.

[img] Text
SKRIPSI_AISAH AHDA ARIEF_N1A117198.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK_SKRIPSI_AISAH AHDA ARIEF.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I_SKRIPSI_AISAH AHDA ARIEF.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB V_SKRIPSI_AISAH AHDA ARIEF.pdf

Download (14kB)
[img] Text
COVER _SKRIPSI_AISAH AHDA ARIEF.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_AISAH AHDA ARIEF.pdf

Download (271kB)
[img] Text
PERSETUJUAN_PENGESAHAN_AISAH AHDA ARIEF.pdf

Download (733kB)

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang : Ada kemungkinan yang terjadi bila angka kunjungan ke pelayanan kesehatan mengalami penurunan yakni disebabkan oleh faktor internal seperti enggannya masyarakat datang kembali untuk berobat ke unit pelayanan kesehatan sebab kurang puasnya masyarakat akan pelayanan kesehatan yang diperoleh. Hal tersebut terjadi pada Puskesmas Nipah Panjang dimana jumlah kunjungan pasien JKN pada tahun 2017-2019 terjadi peunurunan, sedangkan pada kunjungan pasien umum terjadi peningkatan. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis perbedaaan kepuasan pasien pengguna Jaminan Kesehatan Nasional dengan pasien umum terhadap pelayanan rawat jalan Puskesmas Nipah Panjang tahun 2020. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian observasional analitik dan rancangan cross-sectional. Sampel penelitian yaitu pasien rawat jalan Puskesmas Nipah Panjang yang berjumlah 180 pasien, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu teknik Accidental Sampling. Hasil : Ada perbedaan yang signifikan antara kepuasan pasien pengguna Jaminan Kesehatan Nasional dengan pasien umum terhadap pelayanan rawat jalan puskesmas Nipah Panjang berdasarkan dimensi bukti fisik, (p value = 0,000 < 0,05), keandalan (p value = 0,000 < 0,05), jaminan (p value = 0,048 < 0,05). Dan tidak ada perbedan yang signifikan antara kepuasan pasien pengguna Jaminan Kesehatan Nasional dengan pasien umum terhadap pelayanan rawat jalan puskesmas Nipah Panjang berdasarkan dimensi ketanggapan (p value = 0,803 > 0,05), dimensi empati (p value = 0,187 > 0,05). Kesimpulan : Perbedaan kepuasan pasien JKN dengan pasien umum terletak pada dimensi bukti fisik, keandalan, jaminan. Sehingga Diharapkan puskesmas meningkatkan kepuasan pasien terhadap pelayanan pada dimensi bukti fisik, reliability, assurance, serta mempertahankan kepuasan pasien terhadap pelayanan responsiveness dan empathy. Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Pasien JKN, Pasien Umum, Pelayanan Kesehatan

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: AISAH AHDA ARIF
Date Deposited: 13 Jul 2021 02:31
Last Modified: 13 Jul 2021 02:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22725

Actions (login required)

View Item View Item