HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PASIEN RAWAT INAP DALAM MEMILIH LAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT GRAHA HERMINE KOTA BATAM TAHUN 2020

Arunde, Btari Stefani (2021) HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PASIEN RAWAT INAP DALAM MEMILIH LAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT GRAHA HERMINE KOTA BATAM TAHUN 2020. S1 thesis, Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat FKIK.

[img] Text
Skripsi_Btari Stefani Arunde (N1A117165).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (42kB)
[img] Text
PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (39kB)

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang:. Banyaknya jenis pelayanan yang bermunculan menciptakan persaingan antar jenis layanan kesehatan. Salain itu menurunnya angka kunjungan pasien umum rawat inap RS Graha Hermine terjadi pada tahun 2018 hingga tahun 2020 merupakan hal yang tidak dapat dibiarkan oleh pihak rumah sakit, sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran terhadap keputusan pasien rawat inap dalam memilih layanan kesehatan di Rumah Sakit Graha Hermine Kota Batam Tahun 2020. Metode : Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan pendekatan Cross sectional. Sampel penelitian yaitu pasien umum rawat inap yang berjumlah 100 pasien. Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive sampling. Hasil: Terdapat hubungan bauran pemasaran terhadap keputusan pasien dalam memilih layanan yaitu bauran product (p value=0,000), price (p value=0,000), promotion (p value=0,000), people (p value=0,011), dan physical evidence (p value=0,031). Sedangkan yang tidak berhubungan yaitu bauran pemasaran place(p value=0,457), dan process (p value=0,085). Kesimpulan :Keputusan pasien rawat inap dipengaruhi oleh bauran pemasaran produk, harga, promosi, orang, dan bukti fisik, serta tidak dipengaruhi oleh bauran pemasaran tempat dan proses. Dengan demikian, rumah sakit diharapkan untuk dapat meingkatkan bauran pemasaran produk yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pasien sehingga mempengaruhi keputusan dalam memilih layanan kesehatan di RS Graha Hermine Kota Batam. Kata Kunci : pesepsi pasien, bauran pemasaran, keputusan pasien

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Btari Stefani Arunde
Date Deposited: 13 Jul 2021 02:30
Last Modified: 13 Jul 2021 02:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22726

Actions (login required)

View Item View Item